Update Proyek Tol Sekaligus Tanggul Laut Semarang Harbour

SEMARANG (Awal.id) – Proyek tol sekaligus tanggul laut di Kota Semarang saat ini sedang berproses di pemerintah pusat.

Konstruksi tol Semarang Harbour rencananya akan dimulai pada 2021 dan beroperasi pada 2023. Kepastian pembangunan tol tersebut juga dipastikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah, Eko Yunianto.

“Pembangunan tol Semarang Harbour akan dibangun juga sebagai tanggul laut,” kata Eko saat pembukaan virtual tour Hari Bakti PU, baru – baru ini.

Titik awal tol ini direncanakan berada di wilayah Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Nantinya, jalur tersebut akan terkoneksi dengan Tol Semarang-Kendal dan berakhir di daerah Kaligawe, Kota Semarang, yang tersambung dengan Tol Semarang-Demak.

Proyek jalan bebas hambatan yang dirancang sepanjang 21,03 kilometer ini, masuk dalam daftar enam proyek infrastruktur yang ditawarkan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada investor, dengan biaya investasi sebesar Rp 12,5 triliun.

Proyek – proyek tersebut ditawarkan dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Plh Sekda Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo mengatakan, progres proyek tersebut saat ini sedang dalam tahap evaluasi dokumen pra-studi kelayakan di Kementrian PUPR.

“Saat ini dokumen di Kementrian, nantinya tol ini agak menjorok ke laut. Prosesnya masih lama. Tapi ini sudah dimulai tahapannya di pusat,” kata Prasetyo, Minggu (29/11).

Ia mengatakan, tol ini tidak hanya berfungsi untuk memperlancar mobilitas, mengatasi kemacetan dan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan mobilitas logistik. Tetapi juga bermanfaat mengatasi banjir rob di Kota Semarang.

Setelah ini, lanjutnya, akan ditentukan trase jalur tol. Gubernur lah yang berwenang menentukan trase.

“Kemudian, baru penentuan lokasi (penlok). Jika ada lahan masyarakat yang terdampak, ya nanti akan dibebaskan,” pungkasnya.

CR: Tribun Jateng

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *