Dua Nakes Alami Pegal dan Pusing Usai Divaksin, Ini Kata Kadis Kesehatan Jateng

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo

SURAKARTA (Awal.id) – Dua tenaga kesehatan di Solo mengeluh pegal dan pusing setelah disuntik Vaksin Covid-19. Gejala yang sering disebut Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), merupakan gejala ringan dan bersifat subjektif.

“Pegal dan pusing dua nakes asal Surakarta selepas disuntik Covid-19 itu gejala ringan, bersifat subjektif dan individual,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, Jumat (15/1/2021).

Menurut Yulianto, dua nakes yang mengalami pegal dan pusing setelah disuntik vaksin lantaran mempunyai riwayat penyakit vertigo. Gejala ini merupakan hal yang wajar, bila seseorang yang memiliki vertigo mengalami pusing, selepas disuntik vaksin Covid-19 dalam selang 30 menit.

“Kemungkinan sebelumnya mereka sudah menderita (penyakit), bisa juga karena hal lain. Belum bisa menyimpulkan itu akibat vaksinasi,” jelasnya

Dia memastikan dua nakes yang sempat mengalami gejala ringan berangsur-angsur akan kembali normal kondisinya.

Kendati ada efek samping bagi penerima vaksin yang subjektif, dia meminta masyarakat agar tidak khawatir dengan program vaksinasi dari pemerintah untuk mencegah penularan virus corona.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat untuk tak terlalu khawatir karena gejala ringan seperti

“Pegal dan pusing adalah gejala umum selepas disuntik itu hal umum. Jadi tak usah khawatir saat disuntik vaksin Covid-19 nanti,” ujarnya.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *