KainTenun Endek Asal Bali Kolaborasi Dengan Dior di Industri Fashion Dunia

Para peragawati meliuk-liuk memamerkan busana yang berbahan dari kain tenun Endek Bali.
Para peragawati meliuk-liuk memamerkan busana yang berbahan dari kain tenun Endek Bali.

SEMARANG (Awal.id) – Sebagai salah satu warisan Nusantara, kain tenun Endek Bali tentunya sudah banyak diakui oleh dunia internasional. Kabar terbaru datang dari Kekean Wastra Gallery milik Achmad Nur Hasim, produksi kain tenun Endek Bali miliknya berhasil mencuri brand fashion dunia, Dior untuk melakukan kolaborasi.

Sebelumnya, pada pagelaran Paris Fashion Week pada 29 September 2020 di Jardin de Tuileries, Paris, memperlihatkan bahwa kain Endek Bali karya Achmad Nur Hasim dipilih dan diperagakan untuk koleksi Spring/Summer 2021 Dior.

Dior yang diwakili oleh sang desainer sekaligus artistic director, Maria Grazia Chiuri, mengungkapkan dalam memilih kain Endek Bali  terdapat nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan hasil karya yang ingin oleh Tim Christian Dior.

Awal 2021, Dior secara resmi teken kontrak kain Endek Bali sebagai warisan budaya di industri fashion dunia. Hal ini didapat setelah terjadi diplomasi Gubernur Bali, Wayan Koster dengan Christian Dior yang membahas angkat martabat produk warisan budaya Bali di fashion kelas dunia.

Dalam akun Instagram resmi Pemprov Bali, diplomasi dihadiri oleh Pemerintah Provinsi Bali melalui Gubernur  dengan Christian Dior yang difasilitasi oleh Sekjen Kementerian Luar Negeri RI, Duta Besar RI di Paris, dan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI.

Dalam forum tersebut dijelaskan mengenai pemanfaatan produk warisan budaya Bali, yang digunakan sebagai fashion berkelas dunia. Hal ini merupakan momentum bersejarah bagi Bali, sehingga mampu mengangkat kembali martabat warisan budaya berupa kain Endek Bali yang diproduksi oleh para penenun di Bali.

Atas kesuksesan diplomasi ini, membuat Gubernur Koster memberikan apresiasi kepada Sekjen Kementerian Luar Negeri RI, Duta Besar RI di Paris, dan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI.

Dalam penandatanganan Memorandum Saling Pengertian (MSP) terkait Pernyataan Kehendak antara Pemerintah Provinsi Bali Republik Indonesia dan Christian Dior Couture S.A tentang Kerja Sama Dalam Mempromosikan Ekspresi Budaya Tradisional Indonesia, pada, Jumat (8/1) secara virtual yang dilakukan oleh Senior Vice President General Counsel, Marie Champey, dan  juga disaksikan langsung oleh Sekjen Kementerian Luar Negeri R dan lainnya.

“Dengan adanya penggunaan kain Endek Bali oleh Christian Dior akan semakin meningkatkan motivasi dan semangat para perajin produk budaya masyarakat Bali dalam rangka meningkatkan kualitas produksinya,” ungkapnya secara virtual. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *