Sekda Kota Semarang Ir Iswar Aminnudin MT: Konsisten Kunci Kesuksesan  

SEMARANG (Awal.id) – Sebagian orang mungkin mendengar kata konsisten adalah suatu yang bisa dianggap remeh. Terdengar sangat mudah, namun pada praktiknya konsiten bukan hal yang seremeh itu.  Justru sebaliknya, konsisten membutuhkan kesabaran dan kerja keras dua kali lipat dari pelakunya.

Secara harfiah, konsisten merupakan kemantapan seseorang dalam bertindak secara terus-menerus, tekun dan benar dari jalur atau batasan-batasan yang ditentukan maupun sesuai dengan ucapan yang telah dilontarkan.

Dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, konsisten memang sering kali dikait-kaitkan dengan pedoman orang-orang sukses. Bahkan, tak sedikit dari mereka menekankan salah satu kunci dari rahasia kesuksesan mereka adalah konsisten.

Tak terkecuali, salah satu orang sukses itu adalah Ir. Iswar Aminuddin, M.T. Konsistensinya dalam bertindak ini membuat pria kelahiran Makasar itu kini dipercaya pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk menduduki jabatan Sekretaris Daerah Kota Semarang.

Prinsip berlaku konsisten ini sudah ditanamkan dalam kehidupan Iswar – panggilan akrab Iswar Aminudin – sejak dia masih kecil. Berlatar belakang dari keluarga biasa yang agamis, Iswar kecil dididik berlaku konsisten atau dalam istilah agama Islam adalah “istiqomah”. Dan, nilai-nilai kebaikan tersebut hingga saat ini masih dipegang teguh.

Seperti halnya anak kecil yang lain, masa kecil Iswar tentu diwarnai dengan kenakalan-kenakalan, baik saat  masih kanak-kanak maupun remaja. Bahkan banyak orang yang tidak menyangka  jika saat remaja Iswar pernah ikut terlibat suatu perkelahian antarkampung.

“Saya tidak pernah menyalahkan siapa pun soal kejadian di masa lalu. Saya percaya, kejadian demi kejadian di masa lalu merupakan manifestasi kehidupan yang mengantarkan saya menjadi seperti sekarang ini,” katanya.

Nilai-nilai Kebaikan

Dalam pergaulan dengan di tengah-tengah masyarakat, Iswar mengaku tidak memilih-milih dalam menentukan teman.  Ia meyakini, ada hal-hal positif yang dapat diperoleh dalam setiap pergaulan selama ini merupakan sarana pembelajaran dirinya.

Dari pergaulannya dengan orang-orang di berbagai kalangan inilah yang menjadikan Iswar menjadi pribadi yang matang. Walaupun demikian, ia tidak pernah terbawa dalam pergaulan-pergaulan yang tidak diinginkan (konteks negatif), karena selalu memegang teguh nilai-nilai kebaikan yang diajarkan orang tuanya.

“Yang senang minum-minuman (alkohol-red), ya biarin saja mereka minum, tapi saya tidak ikut. Yang penting saya istiqomah dalam bergaul, bermain, berbuat baik dengan orang lain. Sudah itu saja,” tutur pria kelahiran 3 Februari 1968 ini.

Sebagai orang yang telah merasakan “roller coaster” dalam hidup, Iswar tidak pernah membayangkan dirinya akan menjadi pegawai negeri, apalagi menjadi Sekretaris Daerah Kota Semarang seperti saat ini.

Ia percaya bahwa pencapaiannya hingga berada di titik sekarang ini adalah murni berkat kerja keras, konsisten, dan nilai-nilai kebaikan yang ia pegang teguh sejak muda.

“Saya adalah tipe orang yang mengalir saja. Keluarga saya biasa saja, tidak ada yang negeri, swasta semua. Tapi saya tidak pernah mengeluh. Saya tanamkan didikan orang tua dalam diri saya, saya percaya hasilnya pasti yang terbaik,” ungkapnya.

Tak lupa, Iswar juga berpesan agar masyarakat selalu menjaga stamina di tengah pandemi Covid-19 dengan cara menjaga nilai spiritual dan mindset, di samping berolahraga dan pola hidup sehat tentunya.

“Kekuatan sesungguhnya diri kita sebenarnya bukan hanya dari fisik kita, tapi kembali kepada jiwa. Pencampuran antara nilai-nilai spiritual dan mindset pasti akan terbentuk dengan sendirinya imun kesehatan tersebut,” tuturnya.

“Selaku Sekda, saya pun harus menerapkan protokol kesehatan. Semua itu, muaranya untuk mencegah penularan Covid-19, agar Indonesia bisa cepat terbebas dari pandemi ini, sehingga ekonomi masyarakat kembali berjalan normal,” paparnya.

 

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *