11 Ribu Nakes Lansia Segera Divaksinasi Covid-19, BPOM Keluarkan Izin Coronavac

dr Reisa Brotoasmoro
dr Reisa Brotoasmoro

JAKARTA (Awal.id) – Kelompok usia di atas 60 tahun segera divaksinasi Covid-19. Keputusan ini menyusul keluarnya izin pemakaian Covid-19 Coronavac dari Sinovac oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Pemberian izin vaksin Covid-19 buatan Cina itu diputuskan melalui pembahasan antara Badan POM bersama Komnas (Komite Nasional) Penilai Obat, ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization), Dokter Spesialis Alergi dan Imunologi, dan dokter Spesialis Geriatric,” kata  Juru Bicara Pemerintah dr Reisa Brotoasmoro dalam keterangannya di Kantor Presiden, Senin petang (8/2/2021).

Merujuk izin BPOM tersebut, menurut dr Reisa, Kementerian Kesehatan telah memutuskan untuk segera melakukan vaksinasi bagi tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun.

“Vaksinasi perdana bagi tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun langsung dilaksanakan hari ini juga, pagi tadi, Senin 8 Februari 2021 pukul 09.00 WIB”, jelas dr Reisa.

Berdasarkan data Kementrian Kesehatan, sebanyak 11.000 tenaga kesehatan di Indonesia yang berusia di atas 60 tahun akan divaksinasi dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari.

Selain nakes tersebut, kata dr Reisa, pemerintah juga akan melakukan vaksinasi kepada lansia kategori non-nakes. “Kami perkirakan populasi non-nakes, sekitar 10% merupakan kelompok lansia,” paparnya.

dr Reisa menyakini pemberian vaksinasi kepada lansia dapat menekan kematian dan mengurangi tekanan terhadap beban rumah sakit. “Dengan demikian, angka rawat inap dan bed occupancy ratio dapat turun, kasus aktif dapat turun dan angka kesembuhan akan naik,” tandasnya. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *