Banjir Belum Surut, Stasiun Tawang Masih Lumpuh

Rangkaian rel yang masih tergenang air mengakibatkan banyak perjalanan kereta api tertahan
Rangkaian rel yang masih tergenang air mengakibatkan banyak perjalanan kereta api tertahan

SEMARANG (Awal.id) – Cuaca buruk masih menggelayuti langit Kota Semarang. Begitu pun guyuran hujan juga masih berkali-kali turun dan menggenangi beberapa wilayah sejak Sabtu (6/2) kemarin.

Akibat genangan air hujan, Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang juga masih lumpuh. Sejumlah perjalanan kereta mengalami gangguan akibat banjir yang merendam rel kereta.

Humas PT KAI Daerah Operasional IV Semarang, Krisbiyantoro, membenarkan banjir masih merendam seluruh kompleks Stasiun Tawang sampai Minggu (7/2) ini.

“Kedalaman air di hall stasiun Tawang mencapai 70 centimeter mengakibatkan fasilitas penumpang juga mengalami gangguan. Untuk Stasiun Poncol hanya halaman parkir depan,” kata Krisbiyantoro.

Akibat banjir ini perjalanan kereta dari dan menuju Semarang menjadi lumpuh. Bahkan Kereta Argo Bromo Anggrek dari Surabaya Turi tujuan Jakarta sampai saat ini tertahan di Stasiun Gambringan.

Sementara Kereta Kaligung dari Tegal tujuan Semarang tertahan di Stasiun Mangkang. Kereta Maharani dari Surabaya Turi tujuan Semarang tertahan di Stasiun Brumbung.

Adapun Kereta Kamandaka dari Purwokerto tujuan Semarang tertahan di Stasiun Pekalongan. Sementara Kereta Kedungsepur dari Semarang tujuan Ngrombo tertahan di Stasiun Tawang dan Kereta Harina dari Bandung tujuan Surabaya Turi serta 5 Kereta Api Barang tertahan di Stasiun Poncol.

“Upaya menekan kelambatan dan tetap melayani para pelanggan, kami mengalihkan rute atau mengalihkan ke moda lain,” jelas Krisbiyantoro.

Adapun rute kereta api yang dialihkan, yakni Argo Bromo Anggrek dari Stasiun Gambringan dialihkan ke lintas Selatan lewat Solo-Yogya-Purwokerto-Cirebon.

Agar tetap bisa sampai tujuan, KAI Daop IV Semarang memindahkan penumpang KA Harina ke eks rangkaian KA Maharani yang berada di Stasiun Brumbung, Demak. “Penumpang dialihkan dengan bus dari Stasiun Poncol menuju ke Stasiun Brumbung dengan jarak 17 kilometer,” jelas Krisbiyantoro.

Krisbiyantoro menambahkan, penumpang KA Maharani juga diangkut dengan bus dari Stasiun Brumbung ke Semarang. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *