Banjir Mulai Surut, PLN Pulihkan Sebagian Aliran Listrik di Semarang

Petugas PLN memulihkan pasokan listrik yang dipadamkan sementara akibat banjir di Kota Semarang.
Petugas PLN memulihkan pasokan listrik yang dipadamkan sementara akibat banjir di Kota Semarang.

SEMARANG (Awal.id) – Aliran listrik di sejumlah kawasan di Kota Semarang sebagian telah normal kembali. PLN telah memperbaiki jaringan listrik yang mati akibat terdampak banjir yang melanda wilayah Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tersebut.

“Untuk daerah yang masih terendam banjir, PLN terpaksa menghentikan sementara aliran listrik. Jika air banjir sudah surut, dan keamanan warga sudah dipastikan aman, listrik baru bisa dinyalakan,” kata Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (UID Jateng & DIY) Elly Oktaviani Ciptati, Senin (8/2/2021)

Elly mengatakan PLN berupaya mengutamakan keselamatan warga yang terdampak banjir dengan menghentikan aliran listrik sementara pada Sabtu lalu (6/2).

“PLN berhasil memulihkan 64 persen gardu distribusi dan 54 persen pelanggan. Sebanyak 692 dari 1.069 unit gardu distribusi yang terdampak banjir sudah berhasil dipulihkan kembali. Dengan kata lain sebanyak 35.443 dari 64.680 pelanggan yang terdampak banjir sudah kembali menikmati pasokan listrik,” kata Elly.

Kendati demikin, lanjut Elly, PLN akan terus memantau daerah-daerah yang terdampak banjir agar bisa menormalkan kembali pasokan listrik, apabila kondisi masyarakat telah aman.

Berdasarkan pantauan BMKG per tanggal 7 Februari 2021, Kota Semarang masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai sedang.

“Kami selalu mengimbau masyarakat agar memperhatikan potensi bahaya listrik saat banjir dengan cara mematikan instalasi listrik di dalam rumah, mencabut colokan listrik, dan memindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Apabila listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN. Saat banjir surut, pastikan alat elektronik benar benar kering sebelum dipakai kembali,” ujar Elly. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *