Dampak Vaksinasi, Jumlah Nakes Jateng Terpapar Covid Turun Drastis

Gubernur Jateng meninjau vaksinasi tenaga kesehatan
Gubernur Jateng meninjau vaksinasi tenaga kesehatan

SEMARANG (Awal.id) – Sejak dilaksanakan penyuntikan pertama vaksin pada 14 Januari lalu, jumlah tenaga kesehatan (Nakes) yang terpapar Covid-19 di Jawa Tengah terus mengalami penurunan.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, usai memimpin rapat penanganan Covid-19 di kantornya, Senin (8/2). Sampai minggu terakhir ini, jumlah nakes yang terpapar Covid-19 turun cukup bagus.

“Tiga minggu terakhir itu terus menurun. Bahkan di minggu terakhir ini, hanya 55 nakes yang terpapar. Itu turunnya sangat drastis dari sebelum divaksin. Sebelumnya itu per minggu ada 200-san nakes yang terpapar, jumlah itu turun jadi 170-an, 140-an dan terakhir hanya 55 kasus dalam seminggu,” katanya.

Informasi itu, lanjut Ganjar, sangat bagus untuk semakin meyakinkan masyarakat tentang efektivitas vaksin Covid-19. Pihaknya akan terus mendorong sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Artinya kalau klaster nakes ini bisa menjadi acuan, maka yang lain akan menjadikan harapan. Kalau dari 200 kasus turun jadi 50- an kasus, itu artinya penurunan cukup besar. Maka kalau nakes sudah beres, mudah-mudahan bisa segera dilanjutkan ke pelayanan publik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo menambahkan, data penurunan angka kasus positif pada nakes itu diambil dari sistem Covid-19. Dirinya membenarkan bahwa ada penurunan yang signifikan dari sebelum divaksin dan setelah divaksin. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *