Dinusfest 2021 Tampilkan Puluhan Lomba Seni Hingga Teknologi, Digelar Secara Daring

SEMARANG (Awal.id) – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menggelar kembali Dinufest 2021 dan menampilkan puluhan lomba dari mulai lomba seni hingga teknologi.  Kegiatan tersebut diselenggarakan selama sebulan mulai 18 Januari hingga 18 Februari 2021 secara daring.

Dinusfest merupakan rangkaian kegiatan lomba antar-SMA (dan sederajat) serta berbagai macam Expo yang diselenggarakan Udinus. Kegiatan ini menjadi agenda tahunan kampus yang memiliki julukan kampus biru. Dalam acara yang akan digelar secara daring tersebut, terdapat puluhan jenis lomba yang akan dipertandingkan.

Rektor Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Prof Dr Ir Edi Noersasongko MKom mengatakan, Dinusfest ini merupakan menjadi ajang kreasi Udinus bagi siswa-siswi di sekolah.

Menurutnya, kegiatan ini akan menumbuhkan semangat berkompetisi bagi siswa SMA yang mengikuti kegiatan Dinusfest 2021.

Walaupun kegiatan dilangsungkan secara daring, namun suasana kompetisi satu dengan lainnya akan tetap terbangun. Bagi peserta yang memperoleh juara nantinya bisa mendapat hadiah jutaan rupiah dan beasiswa melanjutkan studi ke Udinus.

“Setiap peserta pastinya akan berusaha untuk memenangkan perlombaan atau kompetisi. Anak akan memahami bahwa ada menang dan kalah dalam perlombaan atau kompetisi. Di sinilah timbul jiwa berkompetisi agar menjadi pemenang. Kami juga telah siapkan hadiah dan beasiswa bagi pemenang lomba,” kata Rektor Udinus saat memberikan keterangan terkait Dinusfest 2021.

Dinusfest yang merupakan kependekan dari Dinus Festival  pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 silam. Bagi para siswa SMA yang ingin mengikuti kegiatan Dinusfest 2021 atau mencari informasi lebih lanjut terkait kegiatan tersebut, dapat mencari informasi melalui website di Festival. Dinus.ac.id.

Pencarian Bibit Unggul

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr Kusni Ingsih MM menambahkan, kegiatan ini merupakan cara Udinus untuk mencari bibit bibit unggul dalam dunia seni, teknologi, maupun olahraga.

“Para pemenang akan diberikan beasiswa oleh Udinus. Dengan begini passion mereka bisa dikembangkan dengan ruang yang kami berikan,” pungkasnya.

Satu di ntara lomba di dinusfest  yang  diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Infromasi (HMTI) Udinus, yakni kompetisi IT Competition. Kegiatan tersebut sebagai wadah untuk menggali potensi siswa di bidang teknologi.

Terpisah, Ketua pelaksana IT Competition, Danis Septiya Pamuji mengatakan kegiatan perlombaan tersebut ditujukan bagi pelajar dan mahasiswa agar dapat meningkatkan minat dalam bidang teknologi.

“Acara IT Comnpetition ini sebagai wadah bagi peserta untuk meningkatkan bakat mereka khususnya dalam bidang teknologi informasi. Sehingga dapat mengembangkan pemikiran dan sikap kritis generasi muda, dengan tujuan agar berkembang menjadi generasi yang cerdas,” jelas Danis.

Selain itu, ia juga berharap IT Competition menjadi satu ajang yang dapat memberikan ilmu dan pengalaman bagi para peserta. “Saya harap dengan adanya perlombaan ini peserta dan panitia dapat menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga ke depannya mampu menciptakan inovasi yang lebih maju sesuai dengan teknologi yang berkembang saat ini,” ujar Danis. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *