Hari Pertama Layanan Tes GeNose C19, Stasiun Senen Dipadati Calon Penumpang

Para calon penumpang kereta api antre tes layanan Covid-19 dengan alat GeNose di Stasiun Senen, Jakarta
Para calon penumpang kereta api antre tes layanan Covid-19 dengan alat GeNose di Stasiun Senen, Jakarta

JAKARTA (Awal.id) – Ratusan calon penumpang kereta api, Jumat (5/1/2021), memadati Stasiun Pasar Senin, Jakarta. Mereka berjajar rapi untuk mengikuti tes virus corona baru atau Covid-19 yang menggunakan GeNose C-19 buatan Universitas Gajahmada, Yogyakarta.

Sesuai jadwal, Jumat ini merupakan hari pertama pemberlakuan layanan tes GeNose C19. Selain Stasiun Senen, layanan tes Covid-19 dengan GeNose juga dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Stasiun Gambir.

Penerapan hari pertama layanan tes Corona dengan alat buatan dalam negeri di Stasiun Pasar Senen tampak ramai.

Calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan dengan kereta api terlebih dahulu menjalani tes, yaitu dengan menghembuskan nafas ke sebuah kantung. Penggunaan GeNose C19 dinilai lebih efisien. Selain harganya yang murah, GeNose juga memiliki akurasi sebesar 93-95 persen.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan ada beberapa persyaratan bagi calon penumpang yang akan mengikuti tes kesehatan dengan GeNose C19.

Pertama calon penumpang harus menunjukkan tiketnya. Kemudian calon penumpang harus dalam kondisi sehat yang dipastikan melalui pemeriksaan kesehatan.

“Calon penumpang dilarang makan dan minum serta merokok kecuali minum air putih 30 menit sebelum pemeriksaan sampel nafas,” ujar Eva di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2021).

Meskipun ada layanan GeNose C19, kata Eva, Stasiun Gambir dan Stasiun Senen masih menyediakan layanan rapid test antigen. Dengan dua alat pemeriksaan Covid-19 tersebut, calon penumpang kereta api dapat memilih layanan sesuai keinginan.

“Ada tiga pilihan pemeriksaan deteksi dini Covid-19 yaitu PCR, antigen, dan GeNose C19 silakan masyarakat memilih,” ucapnya. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *