Jalur ke Objek Wisata Guci Ambles, Akses Balapulang-Bumijawa Terputus

Ambles jalur Raya Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal menimbulkan keretakan jalan yang membahayakan pengguna jalan.
Ambles jalur Raya Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal menimbulkan keretakan jalan yang membahayakan pengguna jalan.

TEGAL (Awal.id) – Akses menuju Objek Wisata Guci, tepatnya di Jalan Raya Kalibakung Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal ambles di sejumlah titik.

Badan jalan sepanjang sekitar 100 meter ambles dan retak dengan kedalaman 30-50 sentimeter.  Akibat amblesnya jalan tersebut menimbulkan antrean kendaraan yang mengular, karena Objek Wisata Guci banyak dikunjungi wisatawan yang berlibur saat akhir pekan.

Amblesnya ruas jalan kabupaten itu diduga juga menjadi sebab sejumlah pipa air milik PDAM Kabupaten Tegal rusak parah, sehingga menyemburkan air bersih.

“Jalan mulai ambles dini hari tadi, titik kedua muncul pukul 05.30 WIB,” kata Agus Salim, salah satu warga.

Menurut dia, badan jalan ambles usai wilayah Desa Kalibakung Kecamatan Balapulang dan sekitarnya diguyur hujan deras sejak Jumat malam (12/2/2021).

Beberapa kendaraan terpaksa harus didorong warga, baik roda empat maupun roda dua, agar tidak terperosok. Sejumlah relawan dan petugas saat ini masih berjaga-jaga di lokasi kejadian untuk mengatur lalu-lintas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Tejo Kisworo menerangkan, sejumlah titik jalan yang ambles merupakan jalan menghubungkan Kecamatan Balapulang dengan Bumijawa.

“Beberapa titik ruas jalan yang ambles merupakan, akses jalan yang menuju ke obyek wisata pemandian Air Panas Guci. Sehingga, bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat ke Guci sementara harus lewat jalur yang lain,” ungkapnya.

Untuk menghindari jatuhnya korban, para pengendara diimbau untuk berhati-hati saat melintasi kawasan itu. Amblesnya jalan raya Kalibakung juga pernah terjadi tujuh tahun lalu. Saat ini, perbaikan jalan masih menunggu dari pihak yang terkait. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *