Putra Jokowi Resmi Pimpin Kota Solo, Gibran Dilantik Gubernur Jateng Secara Virtual

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa diambil sumpahnya sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo periode 2021-2026.
Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa diambil sumpahnya sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo periode 2021-2026.

SOLO (Awal.id) – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa resmi dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pramono, Jumat (26/2/2021) pagi ini.

Dengan pelantikan tersebut, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menjabat Wali Kota Solo, sekaligus melanjutkan kepemimpinan ayahnya untuk menjadi orang nomor satu di tanah kelahirannya.

Selain Gibran-Teguh, Ganjar juga melantik sejumlah kepala daerah lainnya di Jawa Tengah secara virtual.

Suasana pelantikan Gibran sebagai Wali Kota Solo tetap meriah meskipun dilaksanakan virtual. Hujan rintik-rintik yang sempat mengguyur Kota Solo, tidak menyurutkan tamu undangan datang ke gedung DPRD Solo yang menjadi lokasi pelantikan. Tamu undangan mulai masuk ke gedung dewan sekitar pukul 7.25 WIB.

Melalui layar televisi, terlihat pertama kalinya Gibran menggunakan pakaian serba putih ciri khas kepala daerah. Sedangkan sang istri Selvi Ananda, memakai kebaya berwarna merah menyala. Dalam acara itu, Selvi Ananda juga dilantik sebagai ketua tim penggerak PKK Kota Solo.

Gubernur Ganjar Pranowo pada kata pelantikannya mengingatkan, jabatan sebuah amanah atau gengsi diri sendiri ataukan sebuah perjuangan untuk rakyat.

“Pengambilan sumpah jabatan bukan sekedar acara seremonial. Namun sebuah pertanggungjawaban terhadap Tuhan Maha Esa,” kata Ganjar lewat virtual.

Ganjar berpesan Gibran agar memantapkan tekad dan hati sebagai kepala daerah. Sebab, tantangan yang dihadapi saat ini tidak begitu mudah. Pandemi Covid-19 membukakan pintu kejadian yang sebenar-benarnya.

“Bencana yang terjadi membutuhkan penanganan yang cepat. Saya minta kepala daerah untuk lebar dadanya (lapang dada) menerima kritikan, cacian yang akan menerpa. Kita harus menyiapkan energi yang cukup besar. Tapi, kepala daerah tidak sendirian. Ada Gubernur, ada Presiden untuk bersama-sama menyelesaikan masalah yang dihadapi,” ujar politikus PDIP ini. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *