Sido Muncul Donasi Rp 500 Juta untuk Korban Bencana Melalui Kemensos

Sido Muncul Bantu Korban Bencana Melalui Kemensos yang diterima Mensos Risma
Sido Muncul Bantu Korban Bencana Melalui Kemensos yang diterima Mensos Risma

SEMARANG (Awal.id) – Bencana alam yang melanda di berbagai penjuru Nusantara, mulai dari bencana banjir, tanah longsor, erupsi gunung, gempa bumi dan sebagainya, mengundang rasa keprihatinan sejumlah kalangan.

Untuk membantu meringankan beban para korban bencana, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk memberikan donasi dalam bentuk uang sebesar Rp 500 juta

Penyerahan bantuan untuk korban bencana alam lewat Kemensos tersebut dilakukan secara simbolis oleh Direktur SidoMuncul Irwan Hidayat kepada Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini,di Jakarta, Senin lalu (8/2/2020).

Rismaharini menyambut baik inisiasi dan niat baik Sido Muncul yang telah memberikan donasi sebesar Rp 500 juta, Pemberian bantuan ini dinilai Risma merupakan bentuk kepekaan dan kesetiakawanan sosial terhadap sesama anak bangsa yang tengah menghadapi situasi sulit akibat bencana alam di tengah pandemi Covid-19 ini.

Sementara Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengaku prihatin atas peristiwa-peristiwa yang membuat masyarakat sampai kehilangan tempat tinggal, bahkan kehilangan nyawa dari beberapa saudara kita di pelosok tanah air akibat bencana alam. “Kami mendoakan mereka diberikan kekuatan dan ketabahan,” katanya.

Soal bantuan Sido Muncul ini, Irwan mengatakan penyerahan bantuan untuk korban bencana ke Kementrian Sosial ini adalah bentuk kepercayaan perusahaanya kepada pemerintah.

“Kita harus percaya kepada pemerintah, karena memang sudah siap dari sisi infrastruktur dan networkingnya. Dengan dukungan dinas-dinas sosial seluruh Indonesia dan connecting dengan kementerian dan lembaga negara lainnya, dalam hal penanganan dan pengelolaan akibat  bencana,” ujar kepada pers di sela-sela penyerahan bantuan ke Kemensos.

Bantu Perahu Nelayan

Bos PT Sido Muncul ini bahkan berjanji setelah bantuan bulan Februari ini, perusahaan yang dipimpinnya akan membantu perahu sebagai bantuan alat produksi untuk nelayan-nelayan di beberapa daerah akibat bencana. Seperti di Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara maupun di Manado, Sulawesi Utara.

Merespon ungkapan Mensos, Irwan mengatakan  bantuan swasta, seperti dari SidoMuncul ini, lebih cepat bisa disalurkan kepada penerima manfaat atau korban bencana, karena dananya bukan dari sumber APBN yang tidak harus melalui proses lelang yang panjang dan terikat rantai administrasi birokrasi.

Kendati demikian, dia meyakin pemerintah tentunya lebih hebat dan siap untuk melaksanakan penerimaan dan pendistribusian segala bantuan sosial dari masyarakat untuk korban atau penerima manfaat.

“Ya daripada kita bingung cari yayasan-yayasan yang belum tentu bisa cepat mendistribusikan bantuan ke sasaran korban karena keterbatasan mereka. Kan lebih baik dipercayakan saja ke pemerintah, seperti Kemensos karena sudah memiliki networking yang siap dan mantab,” ungkap filantropi Indonesia ini.

“Dulu orang bisa saja tidak percaya. Tapi ketika Bu Risma kita tahu beliau selalu membantu orang, terbuka, dan serius dalam setiap penugasan yang diamanahkan kepadanya. Kemudian dia memiliki reputasi yang baik memimpin Surabaya cukup lama. Maka tak keliru, kita swasta ikut membantu meringankan beban penderitaan saudara sesama anak bangsa melalui Kemensos. Kepercayaan kepada pemerintah ini yang harus kita selalu tumbuhkan ,” ungkap salah satu orang terkaya republik ini yang beberapa waktu lalu dirilis majalah terkemuka Forbes itu.

Sido Muncul Jadi Pelopor

Dalam kesempatan ini, Mensos Risma mengatakan kepercayaan menjadi berat saat kita tidak bisa melaksanakannya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“Memang berat menumbuhkan kepercayaan. Kepercayaan itu tidak mudah. Tapi saya bersyukur Sido Muncul mau memulai, mempelopori, dan memberikan pekerjaan kepada kami untuk mendistribusikan bantuan ini kepada penerima manfaat. Tentu dipercaya itu justru tidak gampang. Kalau kita bisa dipercaya maka saya yakin saudara-saudara kita akan banyak membantu. Supaya bisa dipercaya maka saya harus mengelola secara profesional, transparan, dan akuntabel,” tutur Mantan Wali Kota Surabaya ini.

Mensos Risma saat menerima bantuan SidoMuncul didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin dan Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto.

Risma menegaskan Kemensos akan siap bertanggung jawab atas pengelolaan bantuan uang seperti Sido Muncul ini dengan penuh profesional, transparan, dan akuntabel.

“Kita selalu umumkan penerimaan bantuan dan penggunaan serta pendistribusian dengan tepat sasaran, tepat penggunaan, tepat jumlah dan tepat waktunya. Kami juga tampilkan di website Kementerian Sosial sehingga apa-apa yang dibantu bisa tepat kepada penerima manfaat yang memang seharusnya menerima. Itu akan kami lakukan dengan transparan,” jelas Risma.

Arek Suroboyo ini juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat sebagai pengusaha nasional yang memiliki kepekaan dan empati tinggi terhadap masalah-masalah sosial kemasyarakatan.

Dia mengatakan bantuan yang diberikan Sido Muncul tentu akan bermanfaat bagi masyarakat yang terkena musibah bencana alam.
“Atas nama pemerintah, kami ucapkan terima kasih kepada PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk yang telah memberikan sumbangsihnya untuk saudara-saudara kami yang saat ini sedang mengalami kesedihan, kepedihan karena bencana. Kepercayaan ini menjadi modal berharga untuk memperbaiki pengelolaan bantuan swasta untuk lebih baik dan bermanfaat untuk para korban,” ujarnya.

Risma berharap, langkah inisiatif seperti yang dilakukan SidoMuncul dapat mendorong pihak-pihak lain dan menggerakkan inisiatif serupa..

Sebelumnya SidoMuncul telah membantu korban gempa Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat senilai Rp200 Juta melalui PB Ikatan Dokter Indonesia (ID) yang diterima dr. Mohammad Adib Khumaidi dan perwakilan Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia, dr. Lia Marliana Sp.Ot. untuk peralatan medis para dokter yang bertugas menangani korban bencana di lokasi gempa.

Kemudian bantuan kedua untuk korban di tempat yang sama sebesar Rp 240.416.000 melalui Benih baik.com yang digawangi influencer Andy F Noya yang juga brand ambassador produk unggulan Tolak Angin SidoMuncul ini. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *