Akun Pengaduan Masyarakat Baru Dibuka, Wali Kota Gibran Dapat Laporan Aspal Bolong dan Genangan Air Banjir

Gibran minta para kepala dinas di jajaran Pemkot Surakarta mempunyai akun media sosial.
Gibran minta para kepala dinas di jajaran Pemkot Surakarta mempunyai akun media sosial.

SOLO (Awal.id) – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka langsung tajam gas selepas dilantik Gubenur Jateng Ganjar Pranowo, Jumat (26/2/2021) lalu.

Untuk menjalinkan komunikasi secara cepat dengan rakyatnya, putra sulung Presiden Joko Widodo itu membuka ruang aduan bagi masyaraka melalui media sosial. Dia mengaku berkomitmen untuk menanggapi keluhan masyarakat Solo secara cepat dan akurat.

“(Solo) kan ‘smart city’, reformasi birokrasi, pokoknya kami ingin semuanya serba cepat,” kata Gibran di Solo, Senin (1//3/2021).

Pembukaan kran komunikasi melalui media sosial (medsos) ini sekaligus menjawab permintaan Gubernur Ganjar saat melantik. Kepala daerah diwajibkan untuk memiliki akun medsos.

Menurut Gibran, akun sosial media ini dijadikan sebagai kanal aduan masyarakat yang ingin menyampaikan keluh kesahnya kepada wali kota.

Kendati akun miliknya baru dibuka, Gibran mengaku sudah ada pengaduan masyarakat yang masuk kanal wali kota. “Sudah aduan masyarakat yang masuk. Ada ada aduan tentang aspal bolong, genangan air, secara ‘fast respons’ kami tangani semua,” ujarnya.

Selama ini,, kata Gibran, Pemerintah Kota Surakarta sudah membuka ruang aduan dari masyarakat melalui program Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS). Meski demikian, menurut dia ULAS sifatnya kurang pribadi.

Dia berharap dengan dibukanya kanal pengaduan masyarakat kepada wali kota ini, warga Solo lebih terbuka dalam mengadukan semua permasalahan yang terjadi di wilayahnya.

“Kalau ULAS kan keluhan ditulis, dibaca banyak orang. Ini (sosial media) kan lebih ‘private’ (pribadi), langsung ‘fast respon’ (respon cepat),” katanya.

Soal aduan masyarakat yang masuk ke akunnya, Gibran mengatakan pihaknya akan langsung melakukan koordinasi dengan dinas terkait, sehingga keluhan masyarakat segera teratasi. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *