Bajak Pekarangan Rumah, Pasutri Asal Magelang Temukan Yoni Unik

Yoni unik yang ditemukan di Magelang
Yoni unik yang ditemukan di Magelang

MAGELANG (Awal.id) –  Benda prasejarah berupa batu yoni dan lingga ditemukan di lahan warga Dusun Culengan, Desa Gondang, Mungkid, Kabupaten Magelang.

“Yoni di temukan warga Culengan ini sangat unik, karena di bagian cerat (corong) ada hiasan nandi atau sapi berdiri utuh,” kata Kepala Sub Kelompok Pengamanan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng Harun Al Rosyid, di Magelang, Selasa (16/3/2021).

Harus menjelaskan yoni dan lingga tersebut ditemukan di lahan pasangan milik pasangan Wahyanto (83) dan C. Suprijati (71).

Yoni tersebut, lanjut dia, ditemukan terpendam di belakang rumah dengan kedalaman sekitar 1,5 meter dengan posisi miring. Sedangkan penutupnya atau lingga ditemukan berada di dekat kolam ikan di belakang rumah.

“Baru kali ini saya melihat ada yoni dengan cerat yang ada nandinya,” ujar Harun.

Atas temuan benda prasejarah ini, menurut Harun, BPCB Jateng akan melakukan kajian terhadap yoni maupun lingga tersebut, termasuk rencana penyelamatan maupun pengamanan ke depannya.

Berdasarkan pengukuran yang dilakukan petugas BPCB Jateng, alas yoni berukuran 146 x 146 centimeter. Kemudian tingginya 130 centimeter, atas 127 x 127 centimeter, panjang cerat 64 centimeter, lebar cerat 39 centimeter, tinggi ceratnya 35 centimeter.

Penemu yoni unik, Suprijati mengatakan pekarangan rumahnya yang menjadi lokasi penemuan benda bersejarah sebelumnya merupakan lahan persawahan. Saat dia bersama suaminya (Wahyanto) membajak lahan tersebut, ujung cangkul mengenai benda keras.

Penasaran dengan benda keras yang menimbulkan suara nyaring tersebut, Wahyanto kemudian menggali lahan lebih dalam lagi. Akhirnya, pasutri tersebut menemukan yoni dan lingga setelah melakukan kerja ekstra keras.

“Dulu pernah ada petugas dari purbakala yang datang ke sini, kemudian sekitar dua minggu yang lalu digali lagi,” paparnya. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *