Bupati/Wali Kota Diminta Prioritaskan Lansia untuk Divaksin

Lansia antre vaksinasi di RSUD Tugurejo, Rabu (3/3)
Lansia antre vaksinasi di RSUD Tugurejo, Rabu (3/3)

SEMARANG (Awal.id) – Warga lanjut usia (lansia) Jateng menjadi prioritas mendapatkan vaksin pada tahap kedua bersama layanan publik. Hal ini menyusul adanya kebijakan baru dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa lansia menjadi prioritas utama.

“Hari ini kita percepat vaksinasi untuk pelayanan publik plus kita prioritaskan untuk lansia. Lansia ini memang sekarang menjadi prioritas pertama,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ia meminta semua Bupati/Wali Kota menjadikan prioritas vaksinasi untuk lansia. Mengingat sebelumnya, program vaksinasi lansia awalnya hanya dilakukan di ibu kota Provinsi.

“Silakan didaftar, pasti lebih mudah karena umpama saya mencari lansia eks PNS itu gampang, TNI/Polri juga punya datanya. Kalau tidak, kelurahan atau desa juga pasti punya data lansia itu,” tegasnya.

Meski begitu, pihaknya mengatakan tidak semua masyarakat mendapatkan vaksinasi secara serentak. Hal itu kareng stok vaksin yang terbatas.

“Nanti tidak bisa semua, jadi bertahap. Maka saya minta masyarakat bersabar. Sebenarnya kita jauh lebih siap, mau dikasih berapa saja vaksinnya pasti habis cepet. Tapi karena Pusat memberikan vaksin secara bertahap, maka kita manut saja. Mohon maaf kepada seluruh masyarakat, sabar ya karena ini bertahap,” pungkasnya. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *