Hendi Resmikan Patung Ki Nartosabdho, Berdiri Kokoh di Kawasan Pasar Johar

Patung Ki Nartosabdo di depan Jalan Pemuda Semarang
Patung Ki Nartosabdo di depan Jalan Pemuda Semarang

SEMARANG (Awal.id) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meresmikan patung Ki Nartosabdho yang berada di depan Hotel Metro, kompleks Pasar Johar, Kota Semarang, Selasa (30/3/2021).

Pembangunan patung Ki Nartosabdho ini merupakan gagasan dari Presiden Komisaris PT Jamu Jago, Jaya Suprana.

Peresmian patung tersebut dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminuddin mewakili Wali Kota Semarang Hendrar Pribadi.

Iswar Aminuddin mengatakan, sosok Ki Nartosabdho merupakan salah satu tokoh besar yang dimiliki Kota Semarang. Ki Nartosabdho adalah tokoh seniman yang sudah mengharumkan nama Kota Semarang, dan membawa nama Semarang semakin berjaya.

Menurut Iswar, budaya yang tercipta sekarang adalah tidak terlepas dari peran Ki Nartosabdho. “Sebagai wujud penghargaan kita sebagai anak bangsa, anak Kota Semarang yang menghargai Ki Nartosabdho sebagai tokoh budaya,” ungkap Iswar.

Dia menjelaskan didirikannya patung Ki Nartosabdho di depan Hotel Metro, karena kawasan ini merupakan kawasan bersejarah Kota Semarang. Di kawasan ini terdapat bangunan monumental Ibu Kota Jawa Tengah, seperti

Masjid Agung, Alun-alun Semarang, Pasar Johar dan lainnya.

“Tujuannya pendirian patung Ki Nartosabdo di sini adalalah mengajak masyarakat untuk mengenang kembali kawasan bersejarah ini.  Sejarah dari Kota Semarang dimulai dari daerah sini,” jelas Iswar.

Sementara Presiden Komisaris PT Jamu Jago, Jaya Suprana melalui Direktur Utama PT Jamu Jago, Ivana Suprana mengatakan, masyarakat Kota Semarang mengucapkan terima kasih kepada Walikota Semarang, Hendrar Prihadi yang telah mengijinkan untuk mendirikan monumen tokoh budayawan kebanggaan Kota Semarang, Ki Nartosabdho di kawasan Kota Lama.

“Ki Nartosabdho adalah mahaguru saya dalam bidang filsafat musik Jawa dan pewayangan,” ujar Jaya Suprana. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *