Jumlah Bahan Peledak yang Ditemukan Densus 88 di Jakarta dan Bekasi Bisa untuk Buat 70 Bom

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadli Imran menunjukkan barang bukti dari hasil penangkapan empat terduga teroris di Jakarta dan Bekasi
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadli Imran menunjukkan barang bukti dari hasil penangkapan empat terduga teroris di Jakarta dan Bekasi

JAKARTA (Awal.id) – Tim Densus 88 mengamankan sejumlah barang bukti hasil penggerebekan lokasi terduga teroris di Condet, Jakarta Timur dan Bekasi. Ada lima bom toples dan bahan baku yang diamankan.

“Tim Densus 88 selanjutnya akan mendalami temuan-temuan di TKP dan hasil olah TKP, serta informasi-informasi dari keterangan saksi di TKP,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (29/3).

Fadil menambahkan, dari temuan handak (bahan peledak) tersebut beserta bahan baku yang ada, sesuai dengan perhitungan tim bahwa TATP dari 5 bom toples dengan berat 3,5 kilogram diperkirakan dapat untuk membuat sekitar 70 bom pipa.

“Tadi sudah didisposal ukurannya dari pipa, itu kalau dirakit menjadi sebuah bom akan menjadi kurang lebih sekitar 70 buah bom pipa,” tutur Fadil Imran.

Sejauh ini belum didapat kepastian apakah terduga teroris yang diamankan beserta barang bukti itu berhubungan dengan kejadian pengeboman di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (28/3) lalu.

Dari informasi yang beredar, petugas Densus 88 dan jajaran kepolisian launnya menggerebek empat orang  terduga teroris di sebuah rumah yang juga difungsikan sebagai bengkel di daerah Kabupaten Bekasi. Lokasi yang digeledah ada di daerah Cibarusah, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi.

Saat ini, rumah berpagar biru tersebut dijaga aparat. Gerbang rumah dan di sekitar lokasi pun telah dipasang garis polisi. Rumah tersebut berada di pinggir jalan dan diimpit dua bengkel motor. Kini kondisi rumah tersebut tampak sepi. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *