Kuliner Penompang Terbesar Usaha Ekonomi Kreatif di Jateng

Kuliner mendominasi usaha ekonomi kreatif di Jateng
Kuliner mendominasi usaha ekonomi kreatif di Jateng

 TEMANGGUNG (Awal.id) – Kuliner masih menjadi penompang terbesar usaha ekonomi kreatif di Jawa Tengah. Bahkan, sektor kuliner ini mampu menyerap tenaga kerja besar, yakni 3.146.702 orang.

“Saat ini tercatat jumlah usaha ekonomi kreatif di Jateng sebanyak 1.410.155 usaha dengan tenaga kerja 3.146.702 orang,” kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi.

Penegasan itu disampaikan Sinoeng N Rachmadi pada sambutan tertulis yang dibacakan Kasi Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Istiyastuti pada pelantikan Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Temanggung di Gedung Stasiun Kereta Api Temanggung, Jumat (5/3/2021).

Sinong menjelaskan dari 17 subsektor ekonomi kreatif di Jateng, subsektor kuliner menempati posisi teratas dengan 69,8 persen. Peringkat kedua ditempati fesyen 16,96 persen, dan kriya 8,71 persen.

Kemudian sisanya terbagi dalam subsektor lainnya, yaitu fotografi, desain komunikasi visual, seni pertunjukan musik, seni rupa, film animasi dan video, desain produk, desain interior, aplikasi, game/permainan, arsitektur, penerbitan, periklanan TV dan radio.

Menurut Sinoeng, Jateng merupakan penyumbang ekspor ekonomi kreatif terbesar peringkat 4 tingkat nasional, yaitu sekitar 14,49 persen.

Dia berharap kontribusi ekonomi kreatif Jateng pada tiga tahun ke depan bisa membantu meningkatkan perekonomian nasional menjadi 9-20 persen.

“Tentu saja, capaian itu perlu kerja keras dan kerja cerdas serta sinergi yang baik dari seluruh pelaku ekonomi kreatif, lembaga, komunitas, dan media massa,” katanya. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *