Longsor di Perumahan Bukit Manyaran Permai Gunungpati, 8 Rumah Roboh, Belasan Rusak Parah

Sejumlah aparat kepolisian dan warga mengamati rumah yang roboh akibat tanah longsor, Minggu (28/2/2021)
Sejumlah aparat kepolisian dan warga mengamati rumah yang roboh akibat tanah longsor, Minggu (28/2/2021)

SEMARANG (Awal.id) – Bencana tanah kembali menggoyang Kota Semarang. Sebanyak delapan unit rumah di Perumahan Bukit Manyaran Permai, Gunungpati, Kota Semarang, roboh akibat terjangan tanah longsor, Minggu dini hari (28/2/2021).

Juru bicara RW 5 Perumahan Bukit Manyaran Permai, Ron Sujono Prayitno, menjelaskan, longsor yang merobohkan rumah di tiga RT tersebut akibat tanah sekitar tergerus air hujan deras mengguyur wilayah ini selama beberapa hari ini.

Akibatnya, lapisan tanah di perumahan ini berupa lumpur dan lempung menjadi tergerus, sehingga menimbulkan tanah longsor.

“Rumah-rumah yang roboh tersebut antara lain berada di RT 1 sebanyak lima rumah, RT 5 sebanyak satu rumah, dan RT 7 sebanyak dua rumah,” jelasnya.

Selain merobohkan sejumlah rumah, tanah longsor juga menyebabkan belasan rumah lainnya rusak parah dan tidak layak huni.

Ia menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut karena tanda-tanda bencana longsor sudah terlihat sejak jauh-jauh hari.

“Beberapa hari sebelumnya sudah terjadi penurunan tanah. Penghuni sejumlah rumah yang berada di area tanah yang bergerak itu sudah diminta untuk pindah,” katanya.

Menurut dia, kejadian hari ini bukan yang pertama kali terjadi, karena rumah yang rusak dan roboh juga sebelumnya telah terjadi akibat guyuran hujan lebat. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *