Piala Menpora 2021, Semua Tim Peserta Wajib Tes Swab Antigen

Stadion Manahan Solo akan menjadi ajang pembukaan Piala Menpora 2021.
Stadion Manahan Solo akan menjadi ajang pembukaan Piala Menpora 2021.

SOLO (Awal.id) Semua tim peserta yang akan berlaga di turnamen Piala Menpora 2021 diwajibkan menjalani tes swab antigen untuk setiap pertandingan. Pembukaan Piala Menpora ini akan digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, mulai 21 Maret mendatang.

“Tim-tim peserta harus menjalani tes swab antigen setiap melakoni pertandingan Piala Menpora,” kata Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno saat acara simulasi protokol kesehatan persiapan Piala Menpora di Stadion Manahan Solo, Jumat (12/3/2021).

Menurut Sudjarno, langkah ini diambil untuk menerapkan secara ketat protokol kesehatan pada setiap pertandingan Piala Menpora selama pandemi.

Sesuai standar operasional prosedur (SOP), kata dia, setiap pertandingan Piala Menpora hanya boleh dihadiri 200 orang yang terdiri atas pemain, pelatih, ofisial, anak gawang, media, tim medis, tamu, panitia, dan kelengkapan pertandingan.

Arena pertandingan dibagi ke dalam empat zona. Zona satu kawasan lapangan untuk pemain, ofisial, pelatih, anak gawang, perangkat pertandingan dan tim medis.

Zona dua meliputi lorong kamar ganti pemain. Zona tiga yakni tribun yang ditempati media, undangan atau pejabat PSSI, sedangkan zona empat adalah kawasan uar stadion yang diisi aparat TNI/Polri.

Sudjarno menjelaskan sesuai protokol kesehatan, tim yang tiba di hotel pada dua hari sebelum pertandingan akan menjalani tes swab antigen, meski  sebelum berangkat ke Solo sudah dites swab antigen.

Pada hari pertandingan digelar, pukul 09.00 WIB semua pemain dan ofisial diharuskan menjalani lagi tes swab antigen.

“Hasil tes swab antigen diambil di tiga tempat, yakni di hotel di mana tim menginap, hotel tempat perangkat pertandingan atau wasit, dan di arena atau stadion tempat pertandingan digelar,” paparnya.

Menurut dia, ketentuan ini berlaku untuk semua pertandingan dan menjadi tanggung jawab panitia penyelenggara.

Sudjarno menyatakan keberhasilan PSSI menggelar pertandingan uji coba timnas di Jakarta, beberapa waktu lalu, menjadi rujukan karena dinilai sempurna menerapkan protokol kesehatan.

“Kami akan matangkan, dan jika ada celah-celah akan diperbaiki, di Stadion Manahan Solo ini dilakukan simulasi antara tim medis, Satgas COVID-19, Menpora, termasuk panitia pelaksana lokal yang akan menggelar pertandingan itu,” katanya.

Pertandingan Grup A di Stadion Manahan Solo akan diikuti Arema FC, TIRA Persikabo, PSIS Semarang, dan Barito Putra, yang akan dibuka laga Arema melawan TIRA Persikabo.

Grup B bertanding di Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang dan diikuti Bhayangkara Solo FC, Borneo FC, Persija Jakarta, PSM Makassar.

Grup C di Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung yang diikuti Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Madura United, PSS Sleman, dan Persela Lamongan.

Grup D di Stadion Maguwoharjo Sleman diikuti Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, Persib Bandung, dan Bali United.  (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *