Kabupaten Semarang Gelar Pekan Kreatif Nusantara 2021

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang Heru Cahyono mengunjungi salah satu stan di Pekan Kreatif Nusantara 2021
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang Heru Cahyono mengunjungi salah satu stan di Pekan Kreatif Nusantara 2021

BAWEN (Awal.id) – Setelah sukses menyelengarakan di Kota Magelang pada Desember 2020, Pekan Kreatif Nusantara 2021 giliran digelar di Kabupaten Semarang.

Gelaran event ini bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional dan membangkitkan sektor riil yang bersentuhan langsung dengan pelaku ekonomi  kreatif, sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Pekan Kreatif Nusantara 2021 di Kabupaten Semarang diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 2 – 4 April 2021, di Balai Agung Dusun Semilir. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang dan pengelola Wisata Dusun Semilir, Bawen, Kabupaten Semarang yang berkolaborasi dengan PT MDP Persada Nusantara Jakarta.

Peresmian Pekan Kreatif Nusantara 2021 dilakukan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang Heru Cahyono, Jumat (2/4/2021).

Pekan Kreatif Nusantara 2021 merupakan pameran ekonomi kreatif Indonesia. Para pengunjung dapat melihat pameran secara langsung di Dusun Semilir atau dapat pula melihat secara virtual melalui Youtube Chanel Pekan Kreatif Nusantara.

Selama pameran berlangsung, panitia  menerapkan protokol kesehatan, guna menghindari kerumunan pengunjung. Di lokasi ini juga menyediakan perlengkapan untuk mengantisipasi penularan Covid-19, seperti tempat cuci tangan, pengukuran suhu, imbauan untuk menjaga jarak, sarung tangan, faceshield, dan handsanitazer.

Sedangkan kegiatan untuk PKN (Pekan Kreatif Nusantara) meliputi, pameran reguler (offline) yang bisa dikunjungi langsung oleh masyarakat. Sedangkan pameran virtual (online) bisa dikunjungi melalui Youtube Chanel,

Pagelaran Seni Budaya, temu bisnis buyer dan reseller secara virtual, coaching prigram digital marketing, bimbingan teknis peningkatan kualitas kemasan produk UKM.

Heru Cahyono foto bersama dengan para peserta stand pameran.

Heru Cahyono foto bersama dengan para peserta stand pameran.

Untuk peserta pameran yang berpartisipasi, yakni pelaku ekonomi kreatif, kantor kementerian, pemerintah provinsi, kabupaten/kota, BUMN/BUMD dan swasta nasional.

Adapun para peserta yang bergerak di bidang industri, perdagangan, koperasi, UMKM, pariwisata, ekonomi kreatif, investasi, perijinan, pertanian, kelautan, pendidikan, perguruan tinggi, kesenian, dan kebudayaan, produk unggulan, serta desain dan arsitektur.

Hubungan Kerja

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang Heru Cahyono pada sambutannya mengatakan pameran Pekan Kreatif Nusantara Tahun 2021 digelar untuk memperkuat hubungan kerja sama antara daerah dan kota, sektor swasta, komunitas seni, pelaku ekonomi kreatif, wirausahawan dan masyarakat serta akademisi.

“Tidak hanya itu saja, pameran PKN (Pekan Kreatif Nusantara) 2021 juga bertujuan memperkuat kreasi, karya cipta, produksi, distribusi dan promosi produk ekonomi kreatif dan UMKM yang didukung pemerintah pusat/kementerian provinsi, kabupaten, kota dan BUMN/BUMD/swasta,” tambahnya.

Menurut Heru Cahyono, kegiatan ini bisa dijadikan ajang promosi ekonomi kreatif, industri, perdagangan, investasi, pariwisata dan produk unggulan daerah. Di samping itu, lanjut dia, kegiatan Pekan Kreatif Nusantara 2021 dapat dijadikan pula sebagai sarana sosialisasi program vaksinasi Covid-19 dan sosialisasi protokol kesehatan 3M, guna mencegah penularan virus berbahaya tersebut.

Sementara Manager Property Dusun Semilir Rismen, Saragih kepada Awal.id menyatakan dukungnya terhadap penyelenggaraan Pekan Kreatif Nusantara 2021 tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi, dan sangat mendukung kegiatan pameran Pekan Kreatif Nusantara 2021 yang diselenggarakan di tempat kami ini, di Balai Agung Dusun Semilir. Saya kira memang cocok, apa lagi usaha yang kami jalani ini memang sama konsistensinya, yaitu mengembangkan UMKM yang juga merupakan program dari pemerintah,” ujar Rismen. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *