KONI Jateng Target 40 Emas dari Tujuh Cabor Unggulan di PON XX Papua

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Tengah, Brigjen TNI (Purn) Subroto memberikan keterangan pers terkait target Jateng di PON Papua
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Tengah, Brigjen TNI (Purn) Subroto memberikan keterangan pers terkait target Jateng di PON Papua

SEMARANG (Awal.id) – Tujuh cabang olahraga (cabor) yang diunggulkan Jawa Tengah pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX/2021 Papua Oktober mendatang, ditarget mampu mendulang 40 medali emas.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Tengah, Brigjen TNI (Purn) Subroto mengatakan, target medali emas itu diharapkan dari tujuh cabor unggulan yang telah dipetakan KONI usai melakukan monitoring dan evaluasi.

Dari tujuh cabor unggulan, lanjut Subroto, KONI memproyeksikan kontingen Jateng bisa meraih masing-masing minimal tiga medali emas. Tujuh cabor tersebut, yakni atletik, wushu, taekwondo, silat, billiar, panjat tebing dan menembak.

“Pengurus KONI Jateng telah melakukan monitoring sebelum menentukan cabor unggulan untuk meraih medali emas di Papua nanti,” tutur Subroto.

Selain target dari tujuh cabor unggulan pertama, KONI juga memprioritaskan unggulan kedua dan ketiga untuk meraih medali emas. “Harapan kita, seluruh cabor  bisa berkontribusi untuk jateng meraih medali,” kata Subroto.

Sementara Waketum II KONI Jawa Tengah, Sudarsono menambahkan, cabor unggulan tidak asal-asalan ditentukan KONI, karena keputusan tersebut dilihat dari hasil kejuaranaan nasional (Kejurnas) dan Pra-PON.

“Keputusan untuk cabor unggulan KONI Jateng dari hasil pantauan selama Pra-PON maupun hasil PON di Jawa Barat,” terang Sudarsono.

Sudarsono menjelaskan, saat ini, meski di tengah pandemi Covid-19, para atlet telah menjalani Pelatda sentralisasi untuk semua cabor yang dilaksanakan pada bulan Maret

“KONI telah membentuk Posko Pelatda PON yang terpusat di kantor KONI Jateng, kompleks GOR Jatidiri, Semarang,” katanya.

PON XX/2021 Papua akan diselenggarakan di empat kota, yakni Kota Jayapura dilaksanakan 22 cabor, Kabupaten Jayapura (21 cabor), Kabupaten Mimika (12 cabor), dan Kabupaten Merauke (6 cabor), yang memperebutkan 681 medali emas, 681 perak, dan 877 perunggu.

Pada penyelenggaraan PON kali ini juga ada 10 cabor ekshibisi yang dipertandingkan, yakni aerosport-paramotor, e-Sport, hapkido, jujitsu, kabaddi, kickboxing, sambo, kurash, triathlon, dan modern pentathlon. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *