Kembali Masuk 5 Besar Tokoh dengan Elektabilitas Tinggi, Sandiaga Ungguli Ridwan Kamil Selisih 0,5%

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno

SEMARANG (Awal.id) – Nama pengusaha sekaligus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, kembali masuk dalam jajaran lima besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi.

Hal tersebut terekam dalam survei nasional Evaluasi Kebijakan & Peta Politik Masa Pandemi yang dirilis di Jakarta, baru-baru ini.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya mengatakan, responden diberi pertanyaan, jika pemilihan presiden dilakukan saat ini. Survei tersebut dilakukan dengan simulasi 10 nama calon yang akan menjadi presiden.

Survei menunjukkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di urutan pertama dengan presentase 20,6 persen, di urutan kedua ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 17,8 persen, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di urutan ketiga dengan presentase 17,5 persen.

Selain tiga nama tersebut, urutan capres pilihan masyarakat lainnya yakni Sandiaga Uno 7,7 persen dan Ridwan Kamil 7,2 persen.

“Saat ditanya 12 nama terkait calon presiden, muncul nama-nama baru yang merupakan sosok muda,” kata Yunarto.

Kegiatan survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan sampel 1.200 responden dipilih secara acak dengan menggonakan metode penarikan sampel acak bertingkat.

Margin of error sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada periode 12-20 Juli 2021. Kriteria responden warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun atau telah memenuhi syarat pemilih.

Berikut 10 Capres pilihan masyarakat versi Charta Politika Indonesia:

1. Ganjar Pranowo 20,6 persen
2. Anies Baswedan 17,8 persen
3. Prabowo Subianto 17,5 persen
4. Sandiaga Salahuddin Uno 7,7 persen
5. Ridwan Kamil 7,2 persen
6. Agus Harimurti Yudhoyono 4,2 persen
7. Tri Rsimaharini 3,6 persen
8. Erick Thohir 1,8 persen
9. Puan Maharani 1,4 persen
10. Airlangga Hartarto 1 persen (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *