R2 Project, Kolaberasi Dua Grup Band untuk Bangkitkan Permusikan Kota Semarang

SEMARANG (Awal.id) – Berawal dari sekadar ngobrol dan nongkrong, personel dari dua Band Semarang Candidath dan Coromacho sepakat menciptakan grup kolaborasi dengan nama R2 Project.

Pembentukan Band R2 Project Semarang sama sekali tidak direncanakan. Kondisi yang mendesak di tengah pandemi covid-19 sejak dua tahun terakhir inilah yang menjadi dasar mereka untuk berkolaberasi, di samping sepinya order manggung di kalangan musisi.

Di tengah sepi order manggung, mereka tercetus ide untuk menggelorakan semangat untuk berkarya di masa-masa sulit. Dengan kepercayaan tinggi, Band R2 Project Semarang merasa optimistis mampu memberikan kontribusi positif di dunia permusikan Kota Semarang.

R2 Poject Semarang yang merupakan kolaberasi antardua band digawangi empat personel, yakni Rr Dian Andriani (Rere), Markiano Sutan Rambing (Rocky), keduanya vokalis Coromacho, Hendi Cahyono (Gendhon) Gitaris Candidath, dan Okfan Zaky Ikhtaro (Zaky) Bassis Candidath.

Hendi Cahyono mengatakan R2 Project Semarang dipilih sebagai nama band kolaberasi mereka, lantaran nama ini memiliki arti dan filosovi yang baik. R2 Project yang berarti double R diambil dari nama kedua vokalis Coromacho, sedangkan project adalah kebersamaan, kekeluargaan, dan keharmonisan antarband.

Gendhon mengakui tujuan pembentukan R2 Projeck ini memang dipicu dengan kejenuhan yang melanda Indonesia, akibat pandemi Covid-19. Penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlangsung lama membuat kalangan seniman menjadi jemu, sehingga ingin menciptakan suasana baru, pengalaman baru dan mengembangkan bakat yang baru pula.

“Kebetulan kan temen-temen ini bakat di musik, kenapa tidak diteruskan? Yang tadinya kita sebagai band cover, band top 40, yang nyari rezeki dari musik, kita akan ubah dari musik untuk hidup, menjadi hidup untuk musik. Apa lagi kondisi saat ini juga masih pandemi, kita harus semangat,” ujar Gendhon saat ditemui Awal.id, di salah satu warung di daerah Gunung Pati, Semarang, Selasa (3/8).

Delapan Lagu

Hingga saat ini, kata Gendhon, R2 Project telah menyiapkan sekitar delapan lagu yang karangan sendiri. Dari sejumlah lagu yang disiapkan, ada satu lagu yang sudah masuk ke dapur rekaman, yakni lagu yang berjudul “Berteman” (Cinta Tak Harus Memiliki) ciptaan Hendi Cahyono (Gendhon).

Gendhon menambahkan, terbentuknya R2 Project yang merupakan proyek kolaborasi antarband ini tentu akan memotivasi pelaku seni musik di Kota Semarang untuk tetap bermusik, kompak dan menjaga keharmonisan di kalangan seniman.

“Saya pengen dengan adanya R2 Project ini, bisa menjadi contoh bagi band lain untuk melakukan kolaborasi antarband seperti kami. Semua pemusik Kota Semarang tahu, kepiawaian para kawula musik Ibu Kota Jateng tidak kalah dengan musisi kota-kota lain. Sudahlah, jangan ada perbedaan antargenre musik. Kita itu sama, meski berbeda genre, tapi tetap jiwa kita adalah seniman,” kata Gendhon.

Dengan kekompakan sejati, dan dalam keadaan apapun, sambung Gendhon, sukses atau tidak sukses personel R2 Project tetap konsisten untuk tidak akan pernah meninggalkan rumahnya, yakni Candidath dan Coromacho.

Gendhon menambahkan dalam beberapa Minggu ke depan R2 Project segera menuju ke tahap pembuatan video klip dan merilis album andalanya. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *