GM Patra Semarang Hotel & Convention Hariyanto: Raih Kesuksesan Harus Berani Bersaing di Segala Bidang

GM Patra Semarang Hotel & Convention Haryanto (kanan) dipandu Dhianara Paramita saat tampil di program inspirasi Awal Media Nusantara, Rabu (13/10).
GM Patra Semarang Hotel & Convention Haryanto (kanan) dipandu Dhianara Paramita saat tampil di program inspirasi Awal Media Nusantara, Rabu (13/10).

SEMARANG (Awal.id) – Memiliki sebuah keinginan untuk menjadi orang yang sukses bukanlah suatu hal yang tabu. Setiap orang pasti saling berlomba-lomba ingin meraih kesuksesan. Namun untuk mencapai sebuah kesuksesan, tentu bukan suatu hal yang mudah.

Selain berdoa, bekerja keras, ada niat dan jujur dalam melakukan pekerjaan apa pun dalam meraih kesuksesan, seseorang juga harus berani bersaing di dalam ketrampilan dan memiliki kreativitas yang terukur.

Yang terpeting dan utama, orang harus berani mencoba berbagai jenis pekerjaan yang bisa menghantarkan menuju kesuksesan. Pasalnya, kesuksesan tidak bisa diraih secara instan. Perjalanan meraih pekerjaan yang tepat untuk dirinya pasti ditemukan penuh lika-liku dengan segala tantangan yang harus dihadapi.

Hal tersebut terjadi pada General Manager (GM) Patra Semarang Hotel & Convention Hariyanto. Kesuksesan Hariyanto menjadi GM bukanlah suatu hal yang mudah ,seperti membalikkan telapak tangan. Perjalanan kariernya yang disandangnya ini diperoleh lewat perjuangan berat dan diwarnai manis pahitnya kehidupan.

Pria asal Kota Sidoharjo, Jawa Timur ini mengaku mengawali karirnya sebagai seorang pengajar atau guru di SD Kartini 1 Cirebon, Jawa Barat.

“Saya masuk Kota Cirebon tahun 80-an. Saya pertama kali bekerja sebagai guru di SD Kartini Cirebon tahun 1987 – 1993. Padahal, waktu itu saya juga masih menjalani pendidikan guru,” ujar Hariyanto saat menjadi narasumber program inspirasi yang disiarkan secara langsung lewat kanal Youtube Awal Media Nusantara, di Kantor Awal.id, Jalan Kyai Saleh No 62, Semarang, Rabu (13/10). Program Inspirasi yang dipandu Dhianara Paramita mengambil tema ”Roda Kehidupan”.

Pada tahun 1990, Haryanto mencoba banting setir dengan mencoba keberuntungan dengan melamar menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Namun, dirinya belum beruntung, karena tidak lolos pada seleksi tersebut.

GM Patra Semarang Hotel & Convention Haryanto (kanan) mendapat kenangan-kenangan dari Direktur Utama Awal.id, Anton Setyawan.

GM Patra Semarang Hotel & Convention Haryanto (kanan) mendapat kenangan-kenangan dari Direktur Utama Awal.id, Anton Setyawan.

Kegagalan itu tidak menyurutkan langkah Haryanto muda untuk mencoba mencari pekerjaan lain yang bisa menjadi sumber penghidupannya. Kala itu, tahun 1992-1993, pekerjaan di dunia perhotelan lagi booming, dan Haryanto pun akhirnya mendaftarkan diri di sekolah perhotelan.

Usai meraih ijazah di Sekolah Perhotelan, dia mencoba melamar di salah satu hotel yang berada di Kota Cirebon. Alhasil, dirinya diterima sebagai room boy. Berkat keuletan dan ketekunannya dalam bekerja, pria yang memiliki semangat yang tinggi itu, akhirnya berhasil menapaki jenjang karirnya hingga menuju ke level top management

Pekerja Keras

Humble, ulet dan pekerja keras adalah kata yang pas untuk melukiskan pria lulusan Universitas Terbuka Cirebon tersebut. Kecintaannya terhadap hospitality sudah tidak diragukan lagi. Hampir separuh usianya telah dedikasikan untuk industri yang telah membesarkan namanya hingga saat ini.

Perjalanan karirnya di PT Patra Jasa dimulai pada bulan April 2002 sebagai Front Office Manager di Patra Cirebon Hotel & Convention.

Beberapa jabatan strategis telah diembannya di beberapa unit hotel milik PT Patra Jasa. Dengan mempertimbangkan keberhasilan serta prestasi yang diraihnya pada tanggal 6 September 2021 Management PT Patra Jasa mempercayakan posisi General Manager Patra Semarang Hotel & Convention kepadanya.

Patra Semarang Hotel & Convention merupakan hotel bintang 4 milik PT Patra Jasa yang berlokasi di kawasan perbukitan Candi Baru Semarang. Hotel yang berdiri sejak 47 tahun ini berdiri di atas tanah seluas 11 hektar. Patra Semarang memiliki area hijau yang sangat luas dengan udaranya yang sejuk serta view Kota Semarang yang menawan.

Tak heran jika sampai saat ini, Patra Semarang Hotel & Convention masih menjadi pilihan bagi pelanggan yang hendak melepaskan penat maupun berlibur di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

Sebagai hotel dengan slogan The Leading MICE in Town, Patra Semarang memiliki beberapa ruang meeting dan ballroom dengan kapasitas normal sampai dengan 2500 pax dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti; restoran, lounge, kolam renang, jogging track, Spa, Gym dan Lapangan Volli Pantai.

“Saya sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari Patra Semarang Hotel & Convention yang merupakan bagian dari salah satu unit terbesar milik PT Patra Jasa,” ujar Hariyanto. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *