7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Tubuh Drop

SEMARANG (Awal.id) – Saat sedang melakukan aktivitas setiap hari, semua orang mencoba menanamkan kebiasaan yang sehat untuk menjalani hidup yang bahagia. Dan tentunya memiliki tubuh yang sehat menjadi dambaan setiap orang.

Secara tidak sengaja, kebanyakan dari kita terjebak dalam beberapa kebiasaan salah yang tidak sehat. Kebiasaan-kebiasaan yang salah ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, tubuh menjadi lebih gampang sakit karena daya tahan tubuh rentan menurun.

Kebiasaan-kebiasaan itu, bahkan jika terasa di luar kendali, dapat merusak tubuh atau jadi lebih gampang sakit.

Berikut penjelasan lebih lanjut soal kebiasaan-kebiasaan yang bikin tubuh gampang sakit.

  1. Kurang asupan vitamin D

Vitamin D memainkan peran penting dalam banyak fungsi penting dalam tubuh. Kurang vitamin D dapat meningkatkan risiko depresi, sistem daya tahan tubuh yang melemah, dan penyakit lainnya.

“Fokus untuk mendapatkan vitamin D yang cukup dari makanan seperti ikan berlemak, kuning telur, jamur, atau susu dan jus yang diperkaya,” kata Mackenzie Burgess, ahli gizi diet dan pengembang resep terdaftar di Cheerful Choices, seperti dikutip Eat This, Not That!

  1. Ngemil saat tidak lapar

Ngemil ketika tidak lapar, dapat membuat Anda melewatkan makanan yang sebenarnya dan kehilangan nutrisi hingga mineral penting sepanjang hari. Hal ini bisa membuat berat badan naik, dan akhirnya tubuh menjadi tidak sehat.

  1. Terlalu stress

Stres dilaporkan dapat menjadi penyebab kesehatan tubuh menurun.

“Ini semua merangsang kelenjar adrenal Anda untuk melepaskan hormon untuk mencoba memerangi stres tetapi sementara itu menyebabkan lebih banyak peradangan, penambahan berat badan, kehilangan otot dan gangguan fungsi kekebalan tubuh,” kata Ralph Esposito, dokter naturopati di Athletic Greens.

  1. Tidak cukup gerak

Mengajak tubuh bergerak dapat dilakukan dengan cara apa pun, bahkan sekadar naik turun tangga rumah yang meningkatkan detak jantung Anda.

“Jantung perlu ditantang dan bukan karena kecemasan dan stres tetapi melalui olahraga,” kata Rose.

Sebuah studi tahun 2017 mengungkapkan bahwa wanita yang aktif memiliki tingkat mikroba yang meningkatkan kesehatan lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak banyak bergerak.

Duduk terlalu banyak menekan sistem pencernaan kita, yang diketahui menyebabkan kembung dan sembelit.

  1. Terlalu banyak asupan manis

Makanan manis memang enak dinikmati, tapi di sisi lain itu juga bisa berbahaya dalam beberapa hal.
Terlalu banyak asupan gula menyebabkan kulit terlihat kusam, kembung, dan berkontribusi pada penambahan berat badan dan kecemasan serta mikroba usus yang buruk.

6. Kebiasaan tidur yang buruk

Usahakan untuk tidak menggunakan smartphone, TV, laptop, dll setidaknya satu jam sebelum tidur.

“Ada beberapa alasan untuk ini, tetapi salah satu yang utama yang sedang dipelajari sekarang adalah cahaya biru yang dipancarkan dari layar TV, komputer, dan smartphone di malam hari membuat kita tidak bisa tidur dengan normal,” kata Brynna Connor, Healthcare Ambassador di NorthWest Pharmacy.

Menurut penelitian, kurang tidur yang berkualitas berkontribusi pada banyak kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, sindrom metabolik obesitas, fungsi otak yang buruk dan tentu saja, kelelahan.

  1. Kurang minum air putih

Sebagian besar tubuh manusia terbuat dari air, dan sel-sel dalam tubuh membutuhkannya untuk berfungsi.

“Tanpa asupan air yang cukup dan terlalu banyak kehilangan air dan mineral, penelitian menunjukkan penurunan kinerja kognitif dan berdampak pada keterampilan psikomotor dan memori,” kata Esposito. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.