Bank Jateng Beri Kemudahan Nasabah Pensiunan dengan Enrollment

SRAGEN (Awal.id) – Bank Jateng terus memberikan kemudahan kepada para nasabahnya. Salah satunya dengan menerapkan program perekaman data otentik berbasis biometric (enrollment) bagi nasabah pensiunan dalam rangka implementasi digitalisasi pelayanan pembayaran dana pensiun Taspen.

“Ini merupakan salah satu wujud layanan Bank Jateng kepada para pensiunan yang sudah memasuki masa purna, khususnya yang berada di wilayah Sragen,” kata Pemimpin Bank Jateng Kantor Cabang Sragen, Retno Tri Wulandari, Kamis (18/11).

Retno menjelaskan dengan adanya enrollment yang diawali dengan perekaman data biometrik wajah, sidik jari, dan perekaman suara, para penerima pensiun nantinya tidak perlu lagi mengantri di kantor bayar untuk melakukan pelaporan atau absen secara periodik ataupun dalam pengambilan uang pensiun.

“Apabila telah melakukan enrollment, maka absen online dilakukan secara mandiri. Caranya dengan mengunduh aplikasi Taspen Otentikasi di playstore yang sudah disediakan dari PT Taspen,” katanya.

Untuk caranya, kata Retno, yakni melalui handphone berbasis android, mengunduh aplikasi Taspen Otentifikasi dari playstore, login dengan memasukkan nomor Taspen, ikuti petunjuk yang ada pada aplikasi, setelah berhasil ditandai dengan centang hijau.

“Periode absen online dilakukan bagi para pensiunan. Untuk pensiunan setiap 3 bulan sekali dan pensiunan janda/duda setiap 2 bulan sekali,” katanya.

Retno mengaku pihaknya terus melakukan edukasi mengenai hal tersebut secara virtual. Dia berharap para ASN di wilayah Sragen yang akan memasuki masa Purna bisa menikmati fasilitas layanan Bank Jateng, yaitu pengurusan ke Taspen tanpa harus datang ke kantor Taspen.

“Tinggal Whatsapp petugas untuk diberikan panduan, dan tentunya pengurusan sampai dengan turunnya gaji pensiun & THT Taspen, gratis tanpa dipungut biaya,” kata Retno.

Sekadar informasi, per tahun 2021 PT Taspen sudah tidak lagi mengeluarkan Kartu Identitas Pensiun (Karip). Sebagai gantinya, para penerima pensiun mendapat smart card yang berfungsi sebagai Karip, Kartu ATM yang memudahkan para penerima pensiun dalam pengambilan uang langsung melalui anjungan tunai mandiri (ATM) dengan mudah.

Absen Taspen online di era pandemi saat ini sangat efektif. Hal ini disampaikan salah seorang pensiunan, Suyatmi (60). Dia mengaku dirinya saat ini sudah bisa memanfaatkan hp adroidnya untuk untuk absen.

Ketua Tim Pemasar Bank Jateng Sragen, Yos mengatakan, enrollment yang diadakan minggu ke 3 Bulan November. Setiap pelaksanaan pelayanan enrollment, para pensiunan tampak antusias mengikuti layanan dari Bank Jateng tersebut.

“Target kami per hari bisa melayani sampai dengan 100 pensiunan dengan prokes yang ketat,” kata Yos. (adv)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *