Satpol PP Bongkar Portal Tembok Tak Berizin di Wilayah Wana Mukti Semarang

SEMARANG (Awal.id) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang membongkar portal tembok di Perumahan Wana Mukti RT 5 RW 5 Kelurahan Sanbiroto, Kecamatan Tembalang, Kamis (2/12).

Dalam permasalahan ini sebenarnya sudah bergulir sejak 1,5 tahun lalu. Warga memasang portal gara-gara tidak terima dengan keberadaan perumahan di sampingnya.

Portal tembok seluas 6 meter yang terbuat dari cor coran dan bambu, ditambah lahan kosong itu juga dijadikan tempat kandang ayam dilakukan. Pembongkaran dilakukan lantaran adanya keputusan dari Pengadilan Negeri Semarang.

Kasi Pembinaan Penyidik PNS Satpol PP Kota Semarang, Stefanus menjelaskan berdasarkan Perda No 5 Tahun 2017 tentang Ketertiban Umum dijelaskan bahwa setiap orang dilarang memasang portal di jalan umum jika tak memiliki izin. Portal itu sendiri tak memiliki izin.

“Sudah jelas berdasarkan KRK pun wilayah itu adalah untuk akses keluar masuk perumahan sebelahnya,” papar Efan.

Efan mengungkapkan pembongkaran ini berdasar keputusan final Pengadilan Negeri (PN) Semarang terkait gugatan perdata bahwa warga harus membongkar secara mandiri.

“Sebelumnya kita sudah mengirimkan surat pemberitahuan, tapi enggak ada tanggapan, akhirnya kita bongkar. Kita sudah beritahu untuk bongkar sendiri sejak 18 November lalu,” ungkap Efan. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *