Pecatur Putri Cherishta Bantu Kota Semarang Duduki Posisi 3 Kejurprov Catur Jateng 2022

PATI (Awal.id) – Pecatur junior putri Cherishta Joane Nungky membantu Kota Semarang untuk meraih posisi ketiga pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Jateng 2022 yang digelar di SMA Negeri 2, Kabupaten Pati, 19-26 Juni.

Cheristhta menyumbangkan dua medali emas dari empat medali emas yang diraih kontingen Kota Semarang. Dua emas Cheristhta disabet pada kategori catur klasik junior B putri dan cepat ABC putri. Sedangkan dua emas lain dihasilnya lewat pecatur junior putra Sebastian Alexander Eka (Kelompok Umur DE) dan Mustofa Iqbal (senior putra).

Secara keseluruhan Kota Semarang pada Kejurprov Catur Jateng 2022 mengumpulkan 19 medali, yang terinci  4 emas, 4 perak dan 11 perunggu. Perolehah medali ini masih jauh dengan target yang dicanangkan sebelumnya, yakni meraih 7 medali emas.

Sementara gelar juara umum Kejurprov Catur Jateng 2022 digondol Kabupaten Banyumas dengan meraih 7 emas, 8 perak dan 4 perunggu. Peringkat kedua diduduki Kota Salatiga dengan 6 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Hasil ini juga merupakan penurunan peringkat bagi Kota Salatiga, karena pada kejurprov tahun lalu merupakan pemuncak klasemen dalam perolehan medali.

Evaluasi

Sementara itu, Ketua Pengcab Percasi Kota Semarang Didik Saktiaji mengatakan tingkat persaingan antarpecatur Jateng kini semakin ketat. Kekuatan daerah-daerah peserta di Jateng kini hampir merata, sehingga tim catur Ibu Kota Provinsi Jateng yang dipimpinnya belum bisa merealisasi target yang dicanangkan, yakni meraup 7 medali emas.

Kendati demikian, Didik mengaku bangga atas usaha keras dari Cherishta Joane Nungky, pecatur junior putri, yang mampu menyumbangkan dua medali emas untuk Kota Semarang di Kejurprov Catur 2022.

“Cherishta, sebelumnya memang sudah saya gadang-gadang bisa meraih medali emas, tapi raihan 2 emas ini di luar dugaan pengurus Percasi Kota Semarang. Saya ucapkan selamat dan terima kasih untuk Cherishta,” ujarnya.

Didik mengatakan hasil-hasil pertandingan pada Kejurprov Catur 2022 di semua kelompok umum akan segera dievaluasi para pengurus untuk menyongsong Porprov Jateng yang rencanakan akan dihelat akhir tahun 2022 ini.

Dia menilai hasil Kejurprov tahun ini akan dijadikan sebagai barometer untuk menyiapkan pecatur Kota Semarang di tahun-tahun mendatang. “Kami akan membenahi kekurangan-kekurangan yang ada. Masih ada waktu untuk meningkatkan kemampuan atlet catur Semarang, khususnya untuk menghadapi Porprov Jateng tahun ini,” tandasnya. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.