Pameran Tunggal Seni Botani Eunike Nugroho di Semarang

Semarang (Awal.id) – Hotel Artotel mengadakan pameran seni lukis botani bertajuk “Pulang Dengan Bunga”. Pada pameran kali ini Artotel bekerja sama dengan seorang pelukis ternama sekaligus founder dari Indonesian Society of Botanical Artist (IDSBA) bernama Eunike Nugroho.

Pameran ini sekaligus untuk merayakan 10 tahun karir Eunike di bidang seni botani. Acara ini dibuka oleh Drs. Aryo Sunaryo, M.Pd, orang yang pertama kali memperkenalkan media cat air kepada Eunike. Eunike dikenal dengan kepiawaiannya memainkan kuas dengan media cat air.

Pameran tunggal ini akan berlangsung selama dua bulan sejak 19 Agustus sampai 31 Oktober 2022.

Ketika sesi pembukaan kemarin (19/8/2022), wanita yang akrab dipanggil Keke ini terlihat membawa juga mahakarya lukisannya yang terkenal: “The Titan”.

The Titan adalah lukisan tanaman Amorphopallus Titanum berukuran besar,  sama dengan objek sebenarnya, yakni 2.5 x 1.2 m. Karya ini pertama kali ditampilkan di event Botanical Art Worldwide Kebun Raya Bogor.

Mahakarya ini telah juga melalui proses seleksi dari kurator Galeri Nasional Indonesia. Selain dari segi estetika, ketepatan unsur sains juga diperhatikan dari The Titan.

Keke melukiskan setiap detail struktur tanaman Amorphopallus Titanum beserta dengan warna yang mencerminkan wujud aslinya. Ia memahami dunia flora dan menyajikannya secara estetik.

Perhatikan setiap detail daun tebal yang melipat ke luar dan dalam pada The Titan. Setiap detail struktur tanaman tersebut tidak ada yang terlewati. Pemilihan gradasi warna tepat mengikuti alur struktur tanaman sehingga bentuknya menjadi nyata.

Perhatikan serat indah vein dan midrib pada bagian Spathe The Titan. Begitu nyata bukan?

Serupa dengan karya patung Moses karya Michaelangelo. Sang seniman menambahkan detail kecil sebuah otot di tangan manusia yang terkontraksi hanya jika jari kelingking tangan kita diangkat.

Michaelangelo tahu betul anatomi manusia dan menyampaikannya melalui karya seni.

Tidak berlebihan jika The Titan menjadi sebuah Maha Karya.

Lihat juga kehebatan Keke pada karya-karya yang lain di pameran “Pulang Dengan Bunga” yang bertempat di Hotel Artotel, Jl. Gajahmada 101, Miroto – Semarang

(dust)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.