Bangkitkan UMKM Kota Semarang, Mbak Ita Ajak Stakeholder Ciptakan Pusat Keramaian Masyarakat

Plt Walikota Semarang menghadiri Gebyar Pasar Rakyat Bangetayu Kulon
Plt Walikota Semarang menghadiri Gebyar Pasar Rakyat Bangetayu Kulon

SEMARANG (Awal.id) – Pemerintah Kota Semarang berupaya untuk menciptakan tempat keramaian, selain Simpang Lima. Pemkot berharap sejumlah kawasan, seperti di lingkungan kelurahan dan kecamatan, bisa menciptakan tempat keramaian yang bisa untuk memutarkan roda perekonomian wilayah secara mandiri.

“Acara Gebyar Pasar Rakyat Bangetayu Kulon ini sangat luar biasa, karena memecah keramaian. Pusat keramaian tidak lagi menumpuk di Simpang Lima, sehingga ekonomi masyarakat akan maju, utamanya di daerah Genuk sini,” ucap Plt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Minggu (23/10).

Mbak Ita, panggilan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengajak stakeholder, seperti pemerintah, perbankan, sponsor dan lainnya terus memberikan dukungan terhadap pembentukan tempat keramaian baru.

Dia menjanjikan akan mengundang salah satu bank agar bisa memberikan pendampingan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat berkembang, sehingga produksi bisa menembus toko-toko retail. Dengan adanya pendampingan tersebut, UMKM nantinya bisa naik kelas sehingga akan dibina hingga ke jenjang ekspor.

“Kalau ada perbankan yang masuk memberi support, maka panjenengan akan dibantu bagaimana UMKM akan naik kelas. Ini adalah salah satu peluang, mengolah hal-hal kecil menjadi hal besar untuk dikembangkan hingga bisa ke luar negeri,” ujar Ita.

Ita menambahkan nantinya beberapa UMKM memerlukan inovasi-inovasi agar hasilnya bisa diolah lebih baik lagi. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *