Borobudur Creative Race 2022, Ferry: Momentum Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat Jateng

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Ferry Wawan Cahyono
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Ferry Wawan Cahyono

SEMARANG (Awal.id) – Borobudur Marathon kembali akan digelar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada 12 November 2022. Event lari marathon berskala internasional yang menempuh jarak 42,195 kilometer ini akan dijadikan Pemprov Jateng sebagai momentum kebangkitan pariwisata Jateng sekaligus peningkatan perekonomian masyarakat pasca-pandemi Covid-19.

Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono menyambut positif atas digelarnya lomba lari internasional Borobudur Creative Race 2022 di kawasan objek wisata peninggalan dinasti Syailendra tersebut.

Menurut Ferry, Borobudur run tidak sekadar lomba lari bertaraf internasional saja, namun di balik penyelengggaraan itu Pemerintah Indonesia maupun Pemprov Jateng memiliki misi khusus, yakni untuk memasyarakatkan olahraga lari marathon sekaligus mempromosikan objek wisata Candi Borobudur yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Politikus Partai Golkar Jateng ini mengakui sejumlah pelari manca negara banyak yang ingin mengikuti Borobudur Run. Tidak cuma pelari yang pernah tampil di even ini saja, namun pelari internasional yang belum pernah merasakan pesona wisata Indonesia itu selalu mendambakan bisa tampil di Borobudur Creative Race 2022.

“Sebanyak 55 atlet marathon dunia sudah memastikan diri untuk ikut meramaikan Borobudur Creative Race (Brace) 2022. Even ini memang sudah lama diminati dan dikangeni para pelari luar negara. Selain  mereka bisa berolahraga, para pelari juga bisa menikmati keindahan Candi Borobudur,” kata Ferry panggilan akrab Fery Wawan Cahyono, di Semarang, Senin (24/10).

Untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata di kawasan Borobudur, menurut Ferry, Pemprov Jateng kini terus menjalin sinergi dengan sejumlah pihak terkait, salah satunya pengelola objek wisata Candi Borobudur.

Brace 2022, lanjut dia, akan dijadikan ajang untuk menciptakan kreasi, narasi yang inspiratif, sehingga bisa menambah daya tarik wisatawan domistik maupun manca negara untuk mengunjungi kawasan Borobudur.

Lomba Borobudur Run selalu dinanti-nantikan para calon peserta. Selain berolahraga, mereka juga bisa berwisata di Candi Borobudur. (ist)

Lomba Borobudur Run selalu dinanti-nantikan para calon peserta. Selain berolahraga, mereka juga bisa berwisata di Candi Borobudur. (ist)

“Kreasi dan inovasi akan diterapkan pengelola supaya pengunjung betah berada di kawasan Borobudur. Dengan menerapkan metode tantangan, permainan, dan literasi, partisipasi, dan pengalaman, mereka akan mengenal keunggulan kawasan wisata Candi Borobudur,” ujarnya.

Anggota legislatif asal daerah pemilihan Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Kebumen ini menilai kehadiran brace  ini merupakan bagian dari upaya untuk memberikan daya tarik atraksi bagi generasi muda. Bagaimana mereka bisa mengeksplorasi, bagaimana mereka bisa melihat potensi-potensi yang ada di kawasan Borobudur.

Game-game yang diberikan di setiap zona Borobudur akan menjadi tantangan dan dorongan para peserta Borobudur Creative Race 2022 untuk mengenal mengenal keanekaragaman, kekayaan budaya, kekayaan akan potensi yang ada pada masyarakat sekitar Borobudur,” katanya.

Di sisi lain, Ferry menyakini penyelenggaraan Borobudur Creative Race 2022 akan meningkatkan sektor ekonomi masyarakat sekitar. Ribuan peserta lomba lari itu tentu membutuhkan kuliner dan souvenir khas daerah untuk dinikmati dan dibawa pulang untuk kenang-kenangan keluarganya.

Untuk itu, Ferry mengajak pengelola Borobudur untuk menggandeng pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Magelang dan sekitarnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan lomba lari internasional tersebut.

“Kesempatan langka ini harus dimanfaatkan secara maksimal oleh pemda dan masyarakat setempat untuk meningkatkan roda perekonomian. Berikan sajian kuliner dan cindera mata terbaik agar semua peserta merasa terkesan saat berada di kawasan Borobudur,” ujarnya.

Ferry berharap penyelenggaraan Borobudur Creative Race 2022 yang  mengusung tema Stronger to Victory atau menjadi lebih kuat untuk maju menuju kemenangan, bisa menjadi sarana untuk meningkatkan energi semua eleman masyarakat untuk terus bergerak maju demi mengeliatkan kembali dunia pariwisata Jateng. (adv/anf)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *