Ditresnarkoba Polda Jateng Musnahkan 3,5 Kg Sabu

SEMARANG (Awal.id) – Ditresnarkoba Polda Jateng memusnahkan barang bukti (BB) narkotika jenis sabu-sabu seberat 3,5 kg, Kamis (27/10).

BB sabu sebanyak itu didapat dari ketiga tersangka, masing-masing HS (42), dan dua perempuan UK (35) dan KK (47). Mereka merupakan warga Desa Bira Timur, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur.

Dirresnarkoba Polda Jateng, Kombes Pol Lutfi Martadian menjelaskan kasus ini terungkap bermula dari informasi petugas Bea Cukai di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas yang menyebutkan ada dua paket mencurigakan dari Malaysia dengan tujuan Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pada Kamis (1/9) lalu.

“Usai dicek melalui alat X – Ray ditemukan di dalam masing-masing paket terdapat 4 bingkai pigura kaligrafi terdapat serbuk kristal. Kemudian petugas unit opsnal Ditresnarkoba Polda Jateng dan petugas Bea Cukai mengecek dengan testkit narkoba dan menunjukkan hasil positif methamfetamina,” ungkap Lutfi didampingi Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Anton Martin,  dan Kabidhumas Polda Jateng diwakili Kasubbid Penmas AKBP M Ulum, dan perwakilan dari BNNP saat konferensi pers.

Kemudian, lanjutnya, petugas unit opsnal Ditresnarkoba Polda Jateng melakukan penyelidikan dengan teknik controlled delivery guna mengungkap kepemilikan barang bukti tersebut.

Setelah dilakukan penyelidikan, petugas menangkap tiga orang mencurigakan, yaitu HS, UK dan KK. Dalam pemeriksaan petugas juga menemukan barang bukti sabu seberat 1,7 kg dan 1,8 kg dalam pigura di dalam paket tersebut.

“Dari hasil interogasi terhadap tersangka KK, dirinya mengaku mendapat perintah dari HS untuk cari alamat kerabat yang tinggal di Nganjuk, Jawa Timur. Sedangkan tersangka UK disuruh cari alamat di Tulungagung, Jawa Timur untuk dijadikan alamat penerimaan paket dari Malaysia dengan janji diberi upah Rp 5 juta,” ujar Lutfi.

Dalam pemusnahan BB tersebut dilakukan pengetesan terlebih dahulu oleh tim Labsfor Polda Jateng, apakah sabu tersebut asli atau tidak.

Setelah dilakukan pengetesan, sabu tersebut dimusnahkan dengan cara dilebur dahulu menggunakan blender, lalu direndam ke dalam air yang telah dicampur detergen, kemudian dibuang. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *