Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Kendal Gelar Upacara di DTW Curug Sewu

KENDAL (Awal.id) – Pelaksanaan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 digelar di Daya Tarik Wisata (DTW) Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jumat (28/10).

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan tujuan digelarnya upacara Hari Sumpah Pemuda di Objek Wisata Curug Sewu ini untuk meningkatkan daya tarik pariwisata Kabupaten Kendal.

“Tahun ini Pemkab Kendal upacara di Curug Sewu dengan tujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme kepada generasi muda. Sengaja kita laksanakan di tempat wisata, karena program kita bertujuan meningkatkan pariwisata di Jawa Tengah, khususnya di Kendal ini,” kata Ircham.

Selain itu, menurut Ircham, pihaknya juga menggelar Jambore Pemuda Kendal selama dua hari, Kamis dan Jumat, 27-28 Oktober 2022. Jambore diikuti 80 peserta yang terdiri atas kalangan pelajar, mahasiswa dan organisasi kepemudaan di Kabupaten Kendal.

“Pemuda pemudi tersebut kita kasih pembekalan terkait wawasan kebangsaan, bahaya narkoba. Harapannya para pemuda di Kendal terus bisa memberikan hal yang terbaik untuk bangsa dan negara,” ungkap Ircham Chalid, Kadis Disporapar.

Sementara itu, Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii saat memimpin upacara menegaskan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Dandim 0715/Kendal menambahkan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa”, yang memiliki arti mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan.

“Tema ini menjadi nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” tutur Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii.

Menurut dia, perlu adanya upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional,” pungkas Dandim 0715/Kendal. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *