Program Kreatif Kodim 0733 Kota Semarang di TMMD 115, Ajak Anak-anak Rusunawa Kudu Berwisata Sejarah dan Budaya

SEMARANG (Awal.id) – Kodim 0733 Kota Semarang mengajak anak-anak Rusunawa Kudu di pinggiran Kota Semarang untuk berwisata kebangsaan. Pada pelaksanaan program kreatif itu, Kodim 0733 Kota Semarang mengajak 75 anak Rusunawa Kudu yang didampingi perwakilan orang tua untuk berwisata ke tempat bersejarah dan budaya di Kota Semarang.

Dandim 0733 Kota Semarang Kol Inf Honi Havana menjelaskan kunjungan wisata ini merupakan rangkaian kegiatan TMMD Reguler 115 Kodim 0733 KS yang digelar tahun 2022.

Rombongan wisata anak-anak Kudu dipimpin Pasi Teritorial Mayor Inf Sukapta dan Danramil 02 Mayor Inf Mubarok. Anak-anak langsung diajak untuk mengunjungi Museum Juang Mandala Bhakti, Kelenteng Sam Poo Kong, dan Museum Ronggo Warsito.

“Wisata kebangsaan ini dengan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), yakni Komunikasi Sosial dan Pembinaan Pertahanan,” kata Dandim.

Di Museum Ronggowarsito, Mayor Inf Sukapta menjelaskan perjalanan Jenderal Sudirman dalam mengusir penjajah Belanda.

“Dalam kondisi ditandu karena sakit, Jenderal Sudirman pantang menyerah bergerilya melawan tentara Belanda. Karena itu, anak-anak perlu meneladani semangat perjuangan para pahlawan kita dahulu,” papar Sukapta sembari menunjuk replika tandu yang menjadi koleksi museum tersebut.

Usai berkeliling ke tiga objek wisata, Dandim 0733 Kol Inf Honi Havana mengajakan rombongan untuk makan siang bersama, di aula Makodim diselingi kegiatan sarasehan tentang makna dan arti Pancasila.

“Melalui Wisata Kebangsaan ini kami berharap anak-anak bisa teredukasi tentang sejarah perjuangan bangsa, sehingga akan memupuk rasa cinta Tanah Air dan semangat patriotisme,” paparnya.

Dandim meminta anak-anak sebagai penerus bangsa harus bisa memahami arti ber-Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Caranya dengan menjaga toleransi, saling menghormati dan menghargai, serta menjaga persatuan dan persatuan bangsa. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *