’Semarang In Your Hands’ Siap Bantu Kembangkan Bisnis Pelaku UMKM melalui Transportasi Digital

Oktaviani Handoko (kiri), bersama Myrna Soeryo (kanan) saat memberikan keterangan kepada wartawan.
Oktaviani Handoko (kiri), bersama Myrna Soeryo (kanan) saat memberikan keterangan kepada wartawan.

SEMARANG (Awal.id) – Kelompok perempuan yang tergabung dalam Women For Bali ingin membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Semarang agar dapat mengendalikan bisnisnya di tengah pandemi melalui program Indonesia In Your Hands.

Indonesia In Your Hands akan menfokuskan pada strategi pemasaran dan komunikasi digital dengan menerapkan prinsip bisnis berkelanjutan,” kata salah satu inisiator Indonesia In Your Hands, Myrna Soeryo.

Sekadar indformasi, program Indonesia In Your Hands merupakan pengembangan dari Bali In Your Hands yang didirikan oleh sekelompok perempuan yang tergabung dalam Women For Bali. Kegiatan ini diprakarsai oleh tiga orang srikandi, yakni Myrna Soeryo, Rahmi Fajar Harini dan Nidya Gustianingsih.

Melalui program Indonesia In Your Hands,  mereka mengembangkan komitmennya di tahun 2022 dengan mengedukasi para pelaku UMKM fesyen, kriya dan kuliner untuk meningkatkan kapasitas bisnis mereka secara digital dan bisnis berkelanjutan. Program Indonesia In Your Hands ini akan dilakukan secara bergilir di kota-kota lainnya, di Indonesia. Kota pertama yang akan disinggahi adalah Kota Semarang dengan mengusung tema Semarang In Your Hands yang digelar pada 8-9 Desember mendatang.

“Festival Kuliner Khas, UMKM dan Edukasi Wirausaha bernama Semarang In Your Hands, bertujuan untuk mendukung kembalinya pergerakan roda bisnis, khususnya UMKM yang terdampak oleh pandemi Covid-19 sekaligus mengedukasi mengenai strategi berbisnis digital dan prinsip bisnis berkelanjutan untuk industri fesyen, kriya dan kuliner lokal sehingga memiliki ketahanan bisnis, sesuai tema acara kami, yaitu Recover with Responsibility,” ujar Myrna Soeryo, salah dalam acara konferensi pers di Artotel Gajah Mada, Semarang, Kamis (27/10).

Dalam acara tersebut akan melibatkan berbagai pemegang kebijakan, termasuk pihak pemerintah, dan unsur swasta. Kegiatan itu akan melibatkan sebanyak 70 UMKM, termasuk mereka yang telah dibina dan bergabung dalam BEDO (Business Export Development Organization) serta pengusaha lokal Semarang lainnya, berupa bazar dan edukasi wirausaha yang melibatkan berbagai narasumber ahli.

“Saya merasa senang sekali bisa dilibatkan dalam acara Semarang In Your Hands dengan berbagi ilmu strategi bisnis digital yang telah saya terapkan di lini usaha saya selama ini,” ucap Oktaviani Handoko, pengusaha mainan kayu dan dekorasi Lettering and Life dari Semarang.

Myrna Soeryo menambahkan Semarang in Your Hands memiliki misi sosial, di mana sebagian besar peserta UMKM yang mengikuti acara ini tidak akan dikenakan biaya sewa. Pasalnya, sejumiah perusahaan dan merek termama lokal termasuk PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Teh Botol Sosro, Kapal Api Global serta mitra hotel lokal, Artotel Gajah Mada Semarang ikut mendukung pendanaan kegiatan ini. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *