Sido Muncul Kembali Salurkan Bantuan Rp 300 Juta untuk Korban Gempa Cianjur

JAKARTA (Awal.id) – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, TBK (Sido Muncul) memiliki kepedulian sosial yang tinggi terhadap penderitaan yang dialami sesama. Perusahaan jamu nasional itu, Senin (5/12), kembali menyalurkan bantuan sosial sebesar Rp 300 juta kepada para korban terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pada kegiatan sosial itu, Sido Muncul menggandeng platform crowdfunding Benihbaik.com untuk menyalurkan bantuan kepada para korban.

Sebelum mengucurkan bantuan Rp 300 juta, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa suplemen kesehatan Sido Muncul dan sembako dengan total nilai mencapai Rp 657 juta yang berupa barang melalui berbagai pihak secara bertahap.

“Total donasi yang hari ini kami salurkan Rp 300 juta. (Sebelumnya) kami salurkan ke Danrem Cianjur, BPOM, RSPAD itu bentuknya barang. Itu produknya obat-obat tolak angin, karena yang dibutuhkan itu untuk masuk angin,” ujar Irwan saat ditemui di Kantor Sido Muncul, Senin (5/12).

Irwan menyebut donasi kali ini akan diberikan dalam bentuk bantuan logistik berupa 500 terpal dengan ukuran 4x5m dan 35 tenda ukuran 8 orang. Dia berharap tenda ini dapat bermanfaat bagi para korban gempa di Cianjur yang membutuhkan tempat tinggal darurat.

“Sumbangan kali ini kami wujudkan berupa tenda-tenda di daerah Cianjur. Itu salah satu kegiatan hari ini. Saya berterima kasih (kepada berbagai pihak), karena kita sendiri tidak bisa ke sana (untuk memberi bantuan,” katanya.

Selain menyalurkan bantuan bagi korban gempa Cianjur, Sido Muncul juga menyerahkan bantuan pengadaan mikroskop senilai Rp 240 juta melalui Benihbaik.com. Adapun bantuan ini akan diteruskan kepada Perdami Jawa Barat dalam rangka menunjang kegiatan operasi katarak.

“Salah satu yang kami lakukan adalah bekerja sama dengan berbagai macam organisasi masyarakat. Yang baru saja kami lakukan adalah dengan Benih Baik yaitu, menyumbang mikroskop untuk katarak yang nanti kami sumbangkan Perdami,” ungkapnya.

Atas bantuan tersebut, Pendiri Yayasan Benih Baik Indonesia Andy F Noya menyampaikan terima kasih kepedulian dan perhatian yang telah diberikan Sido Muncul. Dia mengatakan bantuan itu nantinya akan diberikan kepada yang berhak secara bertahap.

“Dari laporan di lapangan, karena luas cakupan daerah yang beraneka rupa, masih banyak saudara-saudara kita yang masih bertahan di dekat rumah, atau puing-puing mereka yang baru ditemukan belakangan. Karena mereka tidak mau meninggalkan rumah mereka, pertama karena situasi jalanan yang rawan. Kedua karena merek takut juga meninggalkan harta benda mereka yang terkubur di bawah bangunan sehingga yang dibutuhkan adalah tenda-tenda untuk mereka berteduh dan berlindung dari Sido Muncul,” ungkapnya.

Indonesia’s SDGs Action Award 2022

Di sisi lain, Irwan mengumumkan pencapaian terbaru dari Sido Muncul yang mendapatkan Indonesia’s SDGs Action Award 2022 dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Dia menilai prestasi ini merupakan bentuk nyata di masyarakat dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Tanggal 1 Desember kemarin, Sido Muncul menerima SDGss Awards. Saya yakin bahwa SDGs Awards salah satu pencapaian Sido Muncul yang paling bergengsi. Pada tahun 1999, Sido Muncul menetapkan visi misi menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Saya meyakini bahwa visi misi itulah yang menuntun sampai Sido Muncul mendapatkan penghargaan ini,” katanya.

Irwan mengungkapkan penghargaan ini melengkapi keberhasilan usaha Sido Muncul. Capaian ini, lanjut dia, tentunya tak lepas dari upaya Sido Muncul di berbagai hal mulai dari program CSR, community development, hingga penerapan clean energy.

SDGs Awards ini melengkapi keberhasilan Sido Muncul di dalam mengembangkan usahanya. Di samping kegiatan sosial dan CSR, (penghargaan ini lantaran karena) clean energy. Jadi di tempat kami, kami menggunakan bahan bakar dari limbah jamu, sisanya 11% menggunakan solar. Kalau listriknya kami menggunakan PLTS, dan yang kedua membayar listrik EBT yang 3% lebih mahal dari listrik industri,” paparnya.

Dalam rangka mendukung SDGs, ke depan PT Sido Muncul akan meningkatkan kegiatan sosial atau community development dan mengkampanyekan SDGs.

“Ada dua hal yang akan kami lakukan. Pertama, Sido Muncul akan melangsungkan kegiatan sosial atau community development yang lebih daripada yang sudah-sudah. Kedua, kami akan mempromosikan apa itu SDGs Awards, yaitu dunia di tahun 2030 tanpa kemiskinan. Dengan demikian akan semakin banyak orang yang tahu dan dapat berpartisipasi,” tandasnya. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *