Jelang Pemilu 2024, AHY Ingatkan Insiden 894 Korban Jiwa Petugas Pemilu 2019 Jangan Terulang Lagi

JAKARTA (Awal.id) – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono berpesan kepada KPU dan Bawaslu bisa bekerja sebaik-baiknya.

Hal tersebut dilontarkan agar insiden jatuhnya korban jiwa di kalangan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilu pada tahun 2019 tidak terulang lagi.

“Bangsa Indonesia perlu belajar dari pengalaman Pemilu 2019, yang telah memakan korban jiwa di pihak penyelenggara Pemilu, yakni 894 petugas meninggal dunia, dan 5.175 korban sakit. Insiden ini terjadi akibat kelelahan dan beban kerja yang berlebihan. Saya juga berharap KPU dan Baswalu bisa mencari cara agar tidak ada lagi korban ‘zero incident’ di kalangan PPS pada Pemilu 2024 mendatang,” tandas AHY sapaan akrabnya dalam siaran persnya, Jumat (13/1/2023).

Di sisi lain, Ia juga menyebut memasuki tahun politik, Partai Demokrat juga mengingatkan agar penyeleggara pemilu, aparat keamanan, aparat penegak hukum, kepala daerah hingga ASN agar tetap profesional, netral, tidak terlibat politik praktis dan jangan berpihak.

Pernyataan AHY disampaikan setelah rapat Pleno pengurus DPP Partai Demokrat di awal tahun, yang merupakan konsolidasi partai di tingkat pusat.

“Dalam rapar tersebut kami membahas evaluasi program kerja Partai Demokrat 2022 dan rencana kerja 2023, termasuk mengupas peluang dan tantangan situasi politik hingga ekonomi nasional kedepan,” tutup AHY. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *