Komunitas Pendaki 1001 Tanam 1300 Bibit Pohon di Kawasan Kebun The Promasan

KENDAL (Awal.id) – Bupati Kendal Dico M. Ganinduto menghadiri acara penanaman pohon yang digeler oleh Komunitas 1001 Pendaki Tanam Pohon di lereng Gunung Ungaran kawasan Kebun The Promasan Limbangan, Minggu (22/1/2023).

Kegiatan penanaman dikawasan lereng Gunung Ungaran merupakan kegiatan rutin yang kerap diselenggarakan oleh komunitas Pendaki, dan pada tahun ini menanam 1300 bibit pohon.

Ketua Panitia Penyelenggara Mamik mengatakan, jika tahun ini merupakan kegiatan menanam ke 7 yang telah dilakukan. Untuk persiapan penanaman, pihak panitia telah melakukan pembersihan jalur menuju lokasi penanaman selama 3 bulan lebih.

“Kita melakukan persiapan ini sudah tiga bulan yang lalu, kita mencoba membersihkan jalan menuju lokasi dari semak-semak. Alhamdulillah semua selesai tepat waktu, para pendaki juga masih memiliki animo yang tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya,” ungkap Mamik.

Sementara Bupati Kendal Dico M Ganinduto memberikan apresiasi atas terlaksananya aksi  penanaman ribuan pohon tersebut.

“Kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat, saya justru berterima kasih kepada komunitas ini karena saat ini masih ada yang perduli dengan lingkungan. Perlu diketahui beberapa waktu sebelumnya kita mengalami banjir tentu itu menjadi sebuah tanda bahwa kita harus peduli dengan lingkungan,” kata Bupati Dico.

Dia mengatakan tidak ada yang instansi yang dapat menangani bencana secara sendiri, dan kolaborasi tentu menjadi faktor utama dalam menangani suatu permasalahan.

“Jadi kegiatan ini merupakan langkah dalam mencegah bencana yang ada di Kendal dengan memperhatikan dari segi pegunungan, saya berharap dengan adanya kegiatan positif ini dapat dilakukan satu tahun dua kali,” tutur Dico.

Sementara pada 1300 bibit pohon yang ditanam terdiri dari 9 jenis diantaranya adalah Buah-buahan dan kayu keras, salah satu yang berbeda pada bibit tahun ini adanya bibit kayu putih. (is)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *